Connect with us

Ekonomi

Aliansi Mahasiswa Kota Palu Lakukan Aksi di Depan Gedung BPJS

Utustoria , PALU – Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Kota Palu, melakukan unjuk rasa di depan gedung BPJS di jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Talise Valangguni, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (13/11/2019).

Hal itu dilakukan karena kenaikan iuran Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan oleh pemerintah dinilai sangat memberatkan rakyat. Mereka menuntut pihak BPJS untuk menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah.

Kordinator Lapangan Salahudin mengatakan, saat ini bangsa Indonesia sedang digegerkan dengan kenaikan iuran BPJS Kesehatan yang mulai berlaku pada 1 Januari 2020 sesuai Perpres Nomor 75 Tahun 2019 tentang Jaminan Kesehatan.

“Ini dinilai sama sekali tidak atas dasar pertimbangan keadaan ekonomi masyarakat kecil. Selain itu, sebelum BPJS kesehatan resmi dinaikkan, begitu banyak hal- hal tidak sesuai yang diterima oleh peserta BPJS. Mulai dari ketidaklayakan pelayanan, pengobatan, penelantaran pasien, full-nya ruangan dan masih banyak lagi,” ujarnya.

Pengelolaan sistim di internal BPJS masih sangat tidak efektif dan harusnya inilah yang perlu mendapatkan tanggapan serius pemerintah.

Ditempat yang sama , Aming salah satu peserta aksi mengatakan, kenaikan iuran BPJS Kesehatan sangat memberatkan perekonomian warga di wilayah terdampak bencana di Sulteng.

“Disamping itu, disisi sempit perekonomian masyarakat Palu, Sigi, Donggala (PASIGALA) yang belum pulih total pasca bencana, jelas hal ini sangat tidak memungkinkan”, katanya.

Dalam pantauan Utustoria, seiring berlangsungnya aksi unjuk rasa ini, puluhan anggota kepolisian Palu terus mengawal dan memantau jalannya aksi satu unit mobil Watercanon pun turut diterjunkan ke lokasi untuk mengantisipasi kemungkinan tindakan anarkis dari para pengunjuk rasa.

Setelah bertemu dengan perwakilan dari pihak BPJS Kesehatan, mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa se- Kota Palu akhirnya membubarkan diri sekitar pukul 12.30 Wita. (Pudin)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
%d bloggers like this: