Connect with us

Nasional

Anies Resmi Jabat Ketum APPSI Periode 2019-2023

Utustoria , JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) periode 2019-2023. Terpilih melalui musyawarah nasional (Munas) di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (26/11/2019).

Anies Baswedan terpilih setelah dua kali dilakukan pemungutan suara dalam Munas ke-VI APPSI. Proses pemungutan suara tersebut melibatkan 34 anggota APPSI yang terdiri dari masing masing Kepala Daerah.

“Alhamdulillah, teman-teman APPSI, para Gubernur se-Indonesia mempercayakan kami untuk menjadi Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) periode 2019-2023. Ini adalah sebuah kehormatan, titipan amanah ini insyaAllah kami akan jalankan dengan sebaik-baiknya,” Ungkap Anies dalam sambutannya.

Lanjut Anies. Aspirasi teman-teman APPSI adalah tentang bagaimana agar pembangunan di daerah itu lebih mendapatkan perhatian, terutama program-program daerah yang harus sinkron dengan Pemerintah Pusat. Pada Musyawarah Nasional APPSI VI tadi 10 program kerja sudah ditetapkan dan itu yang nanti akan kita laksanakan sama-sama.

“Mari teruskan kolaborasi yang lebih baik antar pemerintah daerah dan dengan pemerintah pusat pada tahun-tahun ke depan,”lanjut Anies.

Anis juga menambahkan, tim formatur akan segera dibentuk untuk menyusun kepengurusan APPSI 2019-2023.

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada Gubernur Sulawesi Tengah Pak Longki Djanggola, Ketua Umum Sementara dan seluruh kepengurusan APPSI periode sebelumnya,” tuturnya .

Perlu diketahui. APPSI merupakan asosiasi koordinasi antara pemerintah provinsi yang didirikan 6 Juni tahun 2000 di Jakarta. Anggota APPSI terdiri dari pemerintah provinsi yang diwakili oleh gubernur dari 34 wilayah provinsi di Indonesia.

Gubernur Sulteng Longki Djanggola adalah ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) sejak 12 Februari 2019. Dirinya ditunjuk sebagai ketua APPSI sementara pada Februari 2019, menggantikan ketua APPSI sebelumnya yakni Gubernur Jawa Timur Soekarwo yang berakhir masa jabatannya pada Februari 2019 lalu.

Longki sebelumnya menjabat Wakil Ketua Umum APPSI. Sesuai AD/ART, wakil ketua umum langsung menjadi ketua umum ketika ketua sebelumnya berakhir masa jabatan sebagai gubernur. (Hajir)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
%d blogger menyukai ini: