Connect with us

Ekonomi

Apa Kabar Kartu Petani Sejahtera ?

Foto : Rudini For Utustoria

Utustoria, BANGGAI – Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah telah membagikan ribuan Kartu Petani Sejahtera (KPS) kepada petani disejumlah Kecamatan diwilayahnya beberapa waktu lalu.

Dengan diberinya nama Kartu Petani Sejahtera, melalui KPS sangat diharapkan dapat mensejahterakan petani sawah dengan memudahkan untuk memperoleh kebutuhan mereka yakni salah satunya mendapatkan pupuk dengan mudah. Karena dengan pupuk, hasil panen bisa melimpah ruah.

Namun sayangnya, hingga saat ini beberapa petani mengeluhkan KPS yang telah diperolehnya. Seperti diwilayah Dataran Toili misalnya, daerah yang merupakan lumbung padi di Kabupaten Banggai ini, belum juga dapat KPS demi memenuhi kebutuhan mereka.

Salah satu petani Desa Mekar Jaya Kecamatan Toili Barat, Muslam Dulahir mengatakan KPS yang dipegang saat ini hanya bisa digunakan untuk menerima atau mentranfer dana layaknya kartu ATM.

Terkait kebutuhan petani lanjut dia, KPS belum bisa digunakan. Sehingga, pada musim tanam saat ini kebutuhan perioritas akan pupuk masih seperti pada sebelumnya, yakni membeli secara langsung kepada pengecer.

Pria yang juga pengurus Gapoktan ini sangat menghapkan agar KPS yang digenggam oleh para petani dapat segera berfungsi maksimal seperti yang telah disosialisasikan. (um)


Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
%d blogger menyukai ini: