Connect with us

Daerah

Babinsa Itu Duta Masyarakat

Dandim 1308 Luwuk Banggai Letkol Inf. FAnny Pantouw. S.Sos. SM. Tr.Han. M.I.Pol saat melakukan kunjungan tatap muka di Koramil -10/Salakan dan Koramil -11/Liang di Kabupaten Banggai Kepulauan, pada (5/3/2020). [Istimewa]

Utustoria, SALAKAN – Aparat Teritorial merupakan tokoh yang dapat dicontoh oleh masyarakat. Sebab, Babinsa adalah duta masyarakat yang terpelajar diwilayah binaannya.

Hal tersebut disampaikan oleh Dandim 1308 Luwuk Banggai Letkol Inf. FAnny Pantouw. S.Sos. SM. Tr.Han. M.I.Pol saat melakukan kunjungan tatap muka di Koramil -10/Salakan dan Koramil -11/Liang di Kabupaten Banggai Kepulauan, pada (5/3/2020).

“Babinsa mampu mengurus keluarga berarti mampu mengurus dan membina masyarakat. Jadi inilah tugas dari Aparat Teritorial. Olehnya itu, Babinsa adalah tokoh masyarakat di daerah atau di desa, ada juga Babinkamtibmas, ada Lurah, Camat dan Kades. Jadi dengan ada tiga pilar ini, masyarakat dapat melihat bahwa tokoh-tokoh ini kompak,” jelas Dandim.

Ia menyampaikan, Jika potensi itu ada dan para tokoh kompak, maka tidak ada pihak yang dapat memprovokasi dan memecah belah hubungan harmonis antara TNI dan Polri. Sebab Polri merupakan rekan kerja TNI.

Ia menjelaskan bahwa tugas TNI adalah untuk membantu masyarakat, Pemerintah Daerah serta membantu tugas-tugas Kepolisian. Dengan tugas mulia tersebut, laksanakanlah tugas dengan sebaik-baiknya di Daerah Kepulauan ini agar menjadi berkat dan amal ibadah.

” Selain perang, itulah tugas kita, menolong keluarga dan masyarakat, seperti terjadi bencana alam, narkoba, dan sebagainya. Itulah tupoksi kita selain melaksanakan perang,”tandasnya. (um)

Advertisement
%d bloggers like this: