Connect with us

Uncategorized

Banggai Raih Penghargaan Terbaik II TPID 2019 Tingkat Nasional

Utustoria , BANGGAI – Kabupaten Banggai dibawah Kepemimpinan Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim,MM dan Wakil Bupati Banggai H. Mustar Labolo, kembali menorehkan prestasi di kancah nasional, mendapatkan penghargaan Terbaik II sebagai Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Dalam Mendukung Pelaksanaan Program Inovasi Desa Tahun 2019 secara Nasional pada Senin Tanggal 25 November 2019.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Asisten 2 Setda Kab. Banggai Ir. Maryam Salat,M.Si di dampingi Oleh Kepala Dinas PMD Kab. Banggai Amin Jumail, dan Kepala Bidang Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Desa Retno Ridhawati,S.STP mewakili Bupati Banggai.

Pemberian Penghargaan ini di rangkaikan dengan kegiatan Rapat Koordinasi Nasional Program Inovasi Desa (Rakornas PID) Tahun Anggaran 2019 yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Merlin Park Gambir Jakarta Pusat.

Kegiatan Rakornas ini dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhajir Efendi, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Halim Iskandar, Para Gubernur, Bupati, Sekjend Dirjend serta seluruh Kepala Dinas PMD Provinsi, Kabupaten,Kota Seluruh Indonesia.

Penyerahan Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Desa Halim Iskandar dan Wakil Menteri Desa Budi Ari Setiadi sebagai apresiasi dan dukungan kepada pelaksana Program Inovasi Desa Seluruh Indonesia.

Kegiatan Rapat Koordinasi Nasional Program Inovasi Desa (Rakornas PID) Tahun Anggaran 2019 ini di buka langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhajir Efendi, dalam sambutannya menyampaikan program inovasi desa adalah terobosan yang dapat dilakukan untuk menjangkau ribuan desa di Indonesia, dalam mewujudkan program terbaik mempercepat pembangunan desa di perlukan 4c, yaitu Critical Thingking, Creative and Inovation, Communication Skill, dan Collaboration.

Memang tidak mudah untuk membangun secara simultan mencakup seluruh desa di seluruh indonesia, tapi saya yakin dengan adanya program inovasi desa dan adanya pemberian penghargaan terhadap karya karya inovatif desa seperti ini, maka proses diseminasi dan proses replikasi terhadap praktik baik desa di indonesia akan segera terwujud.

Di lain kesempatan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Halim Iskandar mengatakan sejak tahun 2017 hingga saat ini, inovasi pembangunan desa terus mengalami peningkatan. Inovasi teebanyak ada di bidang kewirausahaan, di susul bidang infrastruktur dan pengembangan sumber daya manusia.

Untuk menunjang ketepatan inovasi dalam memecahkan masalah desa, Kemendes PDTT telah mengembangkan aplikasi www.idm.kemendesa.go.id yang berisi inovasi kegiatan guna menyelesaikan permasalahan desa. Melalui aplikasi tersebut, pemangku kebijakan desa dapat memilah inovasi yang sesuai sebagai rujukan.

Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim,MM dan Wakil Bupati Banggai H. Mustar Labolo sangat mengapresiasi atas pencapaian ini, semoga di tahun tahun berikutnya Kab. Banggai menjadi Kab. Terdepan dalam Inovasi di semua sektor. (Yando)


(Sub. Bag. Humas Publikasi dan Dokumentasi).

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
%d bloggers like this: