Connect with us

Ekonomi

Bank Mandiri Palu Fokus Tingkatkan Transaksi Non Tunai dan Keagenan di Sulteng

Area Head Bank Mandiri Palu, Zuhri saat bersama sejumlah awak media, di My Kopi O Palu, Jum'at (21/2/2020). [Muhajir MJ Saaban/Utustoria]

Utustoria, PALU – Area Head Bank Mandiri Area Palu, Zuhri menjelaskan, saat ini Bank Mandiri Area Palu memiliki fokus untuk peningkatan transaksi non tunai (cashless) dan layanan transaksi branchless banking atau keagenan di wilayah Sulawesi Tengah.

Hal ini, kata Zuhri, sejalan dengan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dan program Layanan Keuangan Digital (LKD) yang telah dicanangkan BI serta program Layanan Laku Pandai yang dimiliki oleh OJK dengan tujuan untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.

“Bank Mandiri sendiri telah memiliki banyak produk, layanan, dan program program yang dirancang khusus untuk mendorong masyarakat bertransaksi secara non tunai dengan didukung peningkatan titik-titik transaksi nasabah melalui agen-agen mandiri,” kata Zuhri, saat melakukan silaturahmi bersama sejumlah wartawan, di My Kopi O Palu, Jum’at (21/2/2020).

Zuhri juga mengungkapkan, tahun ini, Bank Mandiri Area Palu berupaya untuk meningkatkan penetrasi produk dan layanan yang memiliki orientasi Cashless dan Branchless melalui Agen Mandiri. Agen Mandiri adalah pihak yang berkerjasama dengan Bank Mandiri dalam menyediakan layanan perbankan dan layanan keuangan lainnya kepada masyarakat (Layanan Laku Pandai dan Layanan Keuangan Digital).

“Agen Mandiri dapat melayani pembukaan rekening, setoran tunai dan tarik tunai rekening, pembelian dan pembayaran pulsa, listrik, tagihan dan sebagainya,” ungkapnya.

Persyaratan menjadi Agen Mandiri cukup mudah cukup membawa dokumen identitas dan surat keterangan usaha, serta copy buku tabungan calon agen dan mengisi formulir pengajuan agen. Agen Mandiri di Sulawesi Tengah sudah ada 433 Agen hingga 31 Januari 2020. Total transaksi agen sudah mencapai lebih dari 24 ribu transaksi dengan sales volume mencapai lebih dari 23 milyar rupiah.

“Dari 433 Agen tersebut, Bank Mandiri Area Palu telah dapat membuka lebih dari 8 ribu rekening tabungan baru dengan total saldo lebih dari 36 milyar di akhir Januari 2020,” jelasnya.

Untuk mendorong pertumbuhan Agen Mandiri, para agen mandiri yang memenuhi syarat dapat juga mengajukan fasilitas KUR untuk peningkatan modal usaha. Kabar positif untuk pelaku UMKM di Pasigala, Bank Mandiri juga akan segera kembali menyalurkan fasilitas KUR di wilayah Pasigala.

Lanjut Zuhri, Nasabah juga difasilitasi dengan Mandiri Online yang merupakan fasilitas electronic channel Bank Mandiri atau dikenal juga dengan istilah e-banking. Mandiri Online dapat dinikmati di smartphone nasabah baik melalui aplikasi maupun dalam bentuk web. Nasabah yang telah memiliki rekening Bank Mandiri dapat dengan mudah memiliki Mandiri Online dengan melakukan aktivasi sms banking finansial ke cabang terdekat dan pembuatan MPIN cukup membawa kartu identitas dan mandiri debit nasabah.

Setelah itu, nasabah sudah dapat mengunduh aplikasi mandiri online dan melakukan pendaftaran di smartphone nasabah. Nasabah langsung dapat merasakan kemudahan bertransaksi secara online baik untuk transfer, pembelian, pembayaran, dan nasabah dapat memonitor seluruh rekening simpanan maupun pinjaman secara online melalui aplikasi ini dalam 24 jam sehari.

Pembukaan Rekening Online Bank Mandiri juga menghadirkan kemudahan bagi masyarakat Sulawesi Tengah yang belum pernah memiliki rekening Mandiri untuk dapat buka rekening tanpa perlu harus datang ke cabang Bank Mandiri.

Nasabah hanya perlu melakukan scan barcode web onboarding Bank Mandiri dengan smartphone yang dimiliki dan langsung bisa melakukan proses pembukaan rekening secara online. Nasabah hanya perlu menyiapkan dokumen identitas berupa KTP dan NPWP bagi yang diwajibkan sesuai ketentuan pajak.

“Verifikasi data dan dokumen akan dilakukan secara online melalui video call dengan Customer Sevice Bank Mandiri selama 7 hari seminggu dan 13 jam sehari (09:00 – 22:00 WITA). Nasabah dapat langsung mengaktifkan Mandiri Online dan kartu Mandiri Debitnya akan dikirimkan ke alamat yang dipilih serta langsung dapat diaktivasi secara online melalui web onboarding Bank Mandiri,” tuturnya.

“Target market kami adalah para pelaku usaha UMKM, mahasiswa dan pelajar, pegawai, dan ibu rumah tangga yang belum pernah memiliki rekening Bank Mandiri sebelumnya,” tambahnya.

Kemudian selain promo transaksi dengan Kartu Debit dan Kartu Kredit Mandiri, Bank Mandiri Area Palu juga memberikan promo-promo menarik yang diharapkan dapat meningkatkan semangat masyarakat untuk bertransaksi secara non tunai baik menggunakan Kartu Debit maupun Kartu Kredit.

“Promo yang sedang berlangsung adalah diskon kartu kredit di beberapa Merchant besar antara lain Grand Hero Swalayan, Erafone Palu, Hypermart Palu, Refresho Cafe, Galerie Furniture, Warkop Celebes, dan beberapa Merchant lainnya dengan syarat dan ketentuan berlaku,” lanjutnya.

Selain itu, Bank Mandiri Area Palu memberikan promo khusus bagi para pencinta bioskop dengan promo beli 1 tiket gratis 1 tiket plus popcorn combo di XXI Palu Grand Mall khusus di Hari Jumat dengan hanya menukarkan 100 fiestapoin.

“Fiestapoin adalah loyalty program khusus bagi nasabah Bank Mandiri dengan pemberian poin yang dapat ditukarkan dengan hadiah langsung dari Mandiri Fiestapoin atapun dapat digunakan untuk bertransaksi dengan merchant-merchant yang bekerjasama dengan Bank Mandiri,” ujarnya.

“Mandiri Fiestapoin dapat diperoleh dengan cara peningkatan saldo tabungan, transaksi pembayaran dan pembelian melalui e-banking, transaksi dana secara SKN/Kliring ataupun TT ke luar negeri, transfer via e-banking, dan juga dapat diperoleh melalui transaksi via kartu kredit. Besaran poin yang didapat bervariasi tergantung dari jenis transaksi dilakukan dan jumlah nominalnya serta jenis kartunya khusus untuk transaksi kartu kredit,” tutupnya. (Hajir)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
%d bloggers like this: