Connect with us

Bawaslu Sulteng Periksa Ketua BPBD dan Bappeda Terkait Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN

Utustoria , PALU – Bawaslu Sulawesi Tengah melakukan pemeriksaan dugaan pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) terhadap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Kepala Badan Pengawasan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulteng yakni Bartholomeus Tandigala dan Hasanudin Atjo , di Kantor Bawaslu Sulteng, Rabu (08/01/2020).

“Bawaslu Sulteng telah melakukan pemeriksaan kedua Aparatur Sipil Negara (ASN), pemeriksaan pertama terkait permintaan klarifikasi kepada Hasanudin Atjo, kemudian yang kedua permintaan keterangan kepada Bartholomeus Tandigala,” kata Ketua Bawaslu Sulteng, Ruslan Husen, melalui siaran persnya.

Ruslan mengatakan permintaan keterangan yaitu dari hasil laporan pengawasan, pengawas pemilu se Provinsi Sulawesi Tengah dan dilakukan langkah-langkah pencegahan.

“Hasil keterangan dari Bartholomeus Tandigala akan dirapatkan kembali lewat rapat pimpinan Bawaslu Provinsi, jika terpenuhi pelanggaran syarat formil dan materil akan ditingkatkan kepada proses penanganan pelanggaran,” kata Ruslan.

“Kemudian kepada Hasanudin Atjo adalah permintaan klarifikasi, ini sudah melalui laporan proses hasil pengawasan dan sudah dituangkan dalam temuan dari hasil pleno pimpinan Bawaslu Sulteng,” sambung Ruslan.

Selanjutnya Ruslan menambahkan dari hasil penindakan nantinya Bawaslu Sulteng sesuai dengan ketentuan akan mengumpulkan bukti dan juga kajian.

“Atas bukti dan kajian akan disampaikan ke komisi aparatur sipil negara di Jakarta untuk ditindaklanjuti sesuai ketentuan,” tambahnya.

Ruslan pun menuturkan bahwa sesuai dengan hasil pemeriksaan dan temuan bahwa yang bersangkutan yaitu Hasanudin Atjo diduga menghadiri undangan dan memaparkan visi misinya di hadapan partai politik untuk maju menjadi kepala daerah.

“Bartholomeus Tandigala dari laporan hasil pengawasan terkait dengan balihonya, ketika digali lagi sehingga di dapatkan fakta, adapun fakta hasil pemeriksaan belum bisa kami publis karena masih menunggu rapat pleno pimpinan Bawaslu Sulteng apakah ditingkatkan prosesnya ke tingkat penindakan atau selesai di proses pencegahan maupun pengawasan, untuk ” tuturnya.

“Untuk besok akan ada pemeriksaan kepada saksi atas dugaan pelanggaran netralitas aparatur sipil negara (ASN) terhadap Hasanudin Atjo,” lanjut Ruslan.

Kemudian Ruslan mengungkapkan pada pokoknya pengawas pemilu juga mengawasi pelaksanaan ataupun penerapan peraturan hukum lainnya.

“Undang-undang tentang aparatur sipil negara (ASN), Undang-undang 53 tahun 2010 tentang disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS), ada juga PP 42 tahun 2004 tentang pembinaan jiwa korps dan kode etik perilaku Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan juga dukung dengan surat edaran, baik dari menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi tahun 2019 yakni ASN dilarang berafiliasi, memberikan dukungan kepada salah satu calon ataupun terlibat dalam kegiatan politik praktis,” tegasnya. (Afdal)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
%d bloggers like this: