Connect with us

Daerah

Bentuk Protes Terhadap Walikota Palu, Warga Layana Segel Kantor Lurah

Utustoria , PALU – Sejumlah warga Kelurahan Layana Indah, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu menyegel Kantor Kelurahan sebagai bentuk protes terhadap Walikota Palu yang telah melantik seorang Lurah yang bukan hasil rekomendasi warga.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Layana, Asmir membenarkan kejadian tersebut.

“Sebelumnya warga setempat suda rekomendasikan nama sebagai Lurah disini, warga menyurat secara resmi kepada pihak Pemerintah Kota Palu dan juga anggota DPRD Kota Palu,” Katanya saat di temui dikantor Kelurahan Layana Indah, Senin (6/1/2020).

Pasalnya Warga Layana merekomendasikan Asri selaku Sekretaris Lurah Kelurahan Layana agar diangkat sebagai Lurah.

“Pak Asri ini kan sebagai Seklur disini, kami yang merasakan dan melihat langsung kinerjanya disini, Komunikasinya dengan warga juga sangat baik selama ini, itu yang mendasari warga rekomendasikan dirinya jadi Lurah,”tuturnya.

Namun, tambah Asmir, apa yang menjadi keinginan dan aspirasi masyarakat tersebut tidak di Indahkan Oleh Walikota Palu.

“Masyarakat disini sangat kecewa karena
Walikota Palu justru melantik Mantan Lurah Poboya, Sudarman sebagai Lurah Layana, itulah yang membuat warga melakukan protes dengan menyegel Kantor,” terangnya.

Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Sosial, Ira SPT, MSi, menyayangkan penyegelan yang dilakukan oleh sebagian masyarakat.

“Tentunya tindakan menyegel Kantor ini bisa menghambat pelayanan kepada masyarakat, karena yang melakukan penyegelan ini hanya sebagian saja tidak keseluruhan warga, hanya ada 2 RW yang melakukan protes,” ungkapnya.

Ira juga berharap, semoga kejadian seperti ini tidak akan terulang lagi dikemudian hari.

“Ini juga merupakan pelajaran buat kami, kami harus lebih intensif lagi ke masyarakat, kami juga berharap nanti kalau ada seperti ini lagi, tolong seluruh masyarakat menyampaikan baik baik secara terbuka kepada pemerintah,” harapnya.

Sementara itu Camat Mantikulore Hikman H, selepas melakukan mediasi dengan warga setempat dan unsur lainnya menyampaikan, setelah melalui proses mediasi dan mendapatkan kesepakatan dari semua pihak tidak ada lagi permasalahan.

“Dari mediasi walaupun hanya rapat Kilat yang kami lakukan bersama Pak Kapolsek Palu Timur, AKP Laata, Lurah Layana Indah yang baru, Sudarman, Sekretaris Lurah Layana Indah, Asri, Bhabinkamtibmas, Babinsa Layana Indah serta Perwakilan dari Masyarakat, semua suda dapat titik terang dan dapat memuaskan,”tuturnya.

Hikman juga menyampaikan, roda pemerintahan Lurah baru mulai hari ini suda dijalankan dan harus ada kekompakan bersama masyarakat.

“Kejadian ini menurut saya, tindakan spontan dari masyarakat dengan pelantikan Lurah Baru, Ini baru terjadi di layana,”ujarnya.

Lanjut Hikman, bahwa semua keputusan berada ditangan Walikota Palu, dan kejadian tersebut suda selesai dan tidak ada lagi permasalahan.

“Semoga Lurah yang baru bisa bersama masyarakat menjalin kebersamaan dan tidak ada lagi permasalahan, ini demi mamajukan Layana, dibutuhkan kebersamaan dan kerja sama,” tutupnya. (Hajir)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
%d bloggers like this: