Connect with us

Ekonomi

BPS : Inflasi Banggai per Januari 2020 Capai 0,19 Persen

Rapat Teknis Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Banggai, Dan Grend Lounching Rilis Inflasi Kota Luwuk. Kegiatan di laksanakan di Hotel Estrella Kel. Tanjung Tuwis Kecamatan Luwuk Selatan pada Kamis 06 Februari 2020. [Utustoria/Istimewa]

Utustoria, BANGGAI – Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim, MM di Wakili Sekretaris Daerah Kab. Banggai Ir. Abdullah Ali Menghadiri acara Rapat Teknis Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Banggai, Dan Grend Lounching Rilis Inflasi Kota Luwuk. Kegiatan di laksanakan di Hotel Estrella Kel. Tanjung Tuwis Kecamatan Luwuk Selatan pada Kamis 06 Februari 2020.

Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim, MM dalam sambutan tertulisnya yang di bacakan Sekretaris Daerah Banggai Ir. Abdullah Ali mengatakan atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai, pihaknya menyambut baik dan memberikan apresiasi, dan semoga kegiatan ini dapat menambah wawasan.

Lanjutnya, semua yang berkaitan dengan inflasi daerah dalam rangka mensinergikan program kerja ekonomi yang tepat sasaran, dan tujuan pembangunan adalah untuk kesejahteraan ekonomi masyarakat, pertumbuhan ekonomi di daerah dapat di capai melalui stabilitas harga barang dan jasa serta tercermin dalam tingkat inflasi yang rendah dalam kaitannya ini.

Lebih dalam ia menjelaskan, upaya pengawalan tingkat Inflasi Daerah dalam level yang rendah dan stabil menjadi sangat penting. Namun adanya kenyataan bahwa aktifitas kegiatan ekonomi di daerah masih dihadapkan pada berbagai persoalan mendasar, seperti rendahnya konektifitas dan efisiensi sistim logistik, tingginya ketergantungan produksi pangan pada faktor cuaca, serta struktur pasar terdistorsi merupakan tantangan terbesar bagi terjaganya stabilitas harga.

Akibatnya perkembangan harga di daerah sangat rentan dipengaruhi oleh faktor gejolak, disisi pasokan suplay said stock. Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai saat ini terus mengambil langkah langkah dalam mengintervensi kegiatan kemasyarakatan dan intervensi tersebut antara lain belanja alokasi dana desa agar lebih terarah dan benar dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, dan juga memotivasi dalam rangka Sektor Kesehatan, Pertanian dan Kelautan.

Dengan adanya Inovasi dibeberapa sektor Pelayanan Publik sehingga bisa menekan angka inflasi.

” Selama Periode pemerintahan kami, penurunan angka kemiskinan dari 9,2 persen turun menjadi 7,8 persen dan alhamdulillah kabupaten banggai selalu mendapatkan beberapa penghargaan tingkat Nasional dan Internasional,” ujarnya.

Selanjutnya Pemaparan dari Kepala BPS Prov. Sulteng Drs. Dumangar Hutauruk M.Si menjelaskan bahwa Bulan Januari 2020 Kab. Banggai mengalami inflasi 0,19 persen, yang dipengaruhi oleh naiknya indeks harga yang terjadi pada kelompok Perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 1.75%, diikuti oleh kelompok Penyedia makanan dan minuman/restoran 1,68%,Kelompok rekreasi,Olahraga dan Budaya, 1,14 % Kelompok Pakaian dan alas kaki, 0,99 %, Kelompok tembakau 0,34 %, Kelompok perumahan air listrik dan bahan bakar lainnya 0,02 %, sedangkan kelompok kesehatan mengalami penurunan inflasi sebesar 1,54 %, diikuti oleh kelompok transportasi 1,44%, kelompok perlengkapan peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga 0,85%, informasi, komunikasi dan jasa keuangan 0,17%, dan kelompok pendidikan pada bulan januari relatif stabil.

Sehingga secara keselurahan rata rata Inflasi yang terjadi dikab. Banggai periode Januari 2020 sebesar 0,19 %. Program Kesehatan dan Pendidikan Kab. Banggai berhasil menahan laju inflasi, disamping itu harus mewaspadai beberapa faktor lain yang menjadi penyebab inflasi misalnya sektor perawatan pribadi, penyedia makanan dan minuman/restoran, dll. Sementara Inflasi year on year kab. Banggai di angka 5,65% periode Januari 2019 – Januari 2020. (um)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
%d blogger menyukai ini: