Connect with us

Daerah

Bupati Banggai Batalkan Dukungan Pemboran Eskplorasi Sumur NWO-001, Ada Apa?

Utustoria , BANGGAI – Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim baru – baru ini tepatnya pada 6 Desember 2019 melayangkan surat pembatalan dan evaluasi kepada Eksploration Business Support Manager PT Pertamina EP di Jakarta.

Surat dengan nomor 660/1617/DLH itu, dengan alasan untuk menindaklanjuti surat keberatan warga Desa Kayowa Kecamatan Batui terkait dengan kegiatan survei seismik 2D dan 3D pesut mas SKK Migas – PT. Pertamina EP , dimana kompensasi ganti rugi tanam tumbuh yang tidak sesuai dan tidak jelas rincian pembayarannya sehingga mengakibatkan pemilik merasa sangat dirugikan karena banyak tanaman yang rusak.

Dalam surat itu juga menjelaskan, mendasari surat pernyataan komitmen field supervisor PT. Pertamina EP survei seismek 2D dan 3D pesut mas dengan nomor 222/3DPSM-FS/2019/SI pada 28 Januari 2019 bahwa pertamina EP menjamin bahwa kegiatan survei seismik tidak menimbulkan efek negatif/kerusakan khususnya tanaman tumbuhan milik warga Desa Kayowa Kecamatan Batui. Dan jika kemudian hari hal itu terjadi (kerusakan/efek negatif) maka PT Pertamina EP siap memberikan penggantian berupa kompensasi kerusakan tanam tumbuh sesuai dengan aturan yang dituangkan dalam SK Bupati Banggai No. 520/1108/TPHP tahun 2018 tentang penetapan tarif kompensasi penggunaan areal pertanian dalam kegiatan pertambangan.

Melihat dari masalah diatas , melalui surat pembatalan dan evaluasi , Bupati Banggai memandang perlu untuk meninjau kembali/membatalkan surat Bupati Banggai dengan nomor 541/1383/Bag.Umum yang dikeluarkan pada 11 Oktober 2019 terkait dukungan kegiatan pemboran Eksplorasi sumur North Wolai (NWO) 001 kepada Eksploration Business Support Manager PT Pertamina EP dan memerintahkan kepada OPD terkait untuk segera melakukan evaluasi terkait kegiatan tersebut.

Namun, dengan adanya surat pembatalan dan evaluasi terkait dukungan kegiatan pemboran eksplorasi sumur NWO-001, dinilai sangat bertentangan dengan kebijakan negara saat ini yang sedang gencar-gencarnya menumbuhkan investasi yang sehat serta memenuhi kebutuhan minyak dan gas bumi secara nasional melalui pencarian sumber-sumber cadangan migas dan pemboran sumur eksplorasi. (um)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
%d bloggers like this: