Connect with us

Daerah

Cegah Corona, Nyepi Tahun ini Tanpa Festival Ogoh – ogoh

Dok : Utustoria

Utustoria, BANGGAI – Festival Ogoh-ogoh yang rutin digelar oleh umat Hindu setiap menyambut Hari Raya Nyepi sepertinya tidak akan dilaksanakan pada tahun ini sebagai bentuk pencegahan penyebaran Virus Corona di Kabupaten Banggai.

Pasalnya, Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Banggai yang diketuai oleh I Nyoman Sumerta itu telah mengeluarkan surat hasil keputusan rapat PHDI Kabupaten Banggai bersama seluruh Ketua PHDI Kecamatan, Ketua WHDI, Ketua Prajaniti, Ketua Peradah se Kabupaten Banggai, Penyelenggara Hindu dan Ketua Bendesa Adat Kota Luwuk.

Dari rapat tersebut menghasilkan 7 (tujuh) poin sebagai hasil kesepakatan, yakni ;

1. Agar umat Hindu di Kabupaten Banggai tidak mudah panik, namun tetap waspada dan menjaga prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

2. Pelaksanaan Melasti dilaksanakan ngubeng dimasing-masing desa.

3. Tawur Kesanga dilaksanakan sesuai edaran PHDI Pusat dan PHDI Provinsi Sulawesi Tengah dengan porsenil terbatas.

4. Festival Ogoh-ogoh ditiadakan, pada saat pengerupukan ogoh-ogoh ditempatkan di Catus Pata tanpa disertai gamelan/bale ganjur dengan jumlah personil yang terbatas.

5. Siswa/ Mahasiswa/ Masyarakat yang dari luar daerah akan diberi perlakuan khusus diawasi dan diperiksa kesehatannya oleh petugas kesehatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

6. Melakukan sosialisasi serta himbauan kewaspadaan dini terkait penyebaran virus Covid -19 kepada umat Hindu pada setiap kesempatan. (Persembahyangan, purnama, tilem, Dll).

7. Keputusan ini disampaikan oleh Kepolisian dan Pemerintah Daerah (Bupati). (um)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
%d bloggers like this: