Connect with us

Daerah

Dandim 1308/LB : TNI yang Tidak Netral Akan Dapat Sanksi Tegas

Dandim 1308 Luwuk Banggai Letkol Inf. FAnny Pantouw. S.Sos. SM. Tr.Han. M.I.Pol saat melakukan kunjungan tatap muka di Koramil -10/Salakan dan Koramil -11/Liang di Kabupaten Banggai Kepulauan, pada (5/3/2020). [Istimewa]

Utustoria, SALAKAN – Menjelang Pilkada Serentak 2020, personil TNI tepatnya diwilayah Kodim 1308/LB ditekankan untuk bersikap netral.

Hal tersebut disampaikan oleh Dandim 1308 Luwuk Banggai Letkol Inf. FAnny Pantouw. S.Sos. SM. Tr.Han. M.I.Pol saat melakukan kunjungan tatap muka di Koramil -10/Salakan dan Koramil -11/Liang di Kabupaten Banggai Kepulauan, pada (5/3/2020).

Pada kesempatan itu, Dandim 1308/LB memberikan arahan dan penekanannya kepada prajurit Babinsa tentang perhelatan pesta demokrasi Pemilihan Gubernur dan Wakil gubernur serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati ditahun ini.

” Diwilayah Kodim 1308/LB akan dilaksanakan kegiatan Pilkada, dalam kegiatan ini mungkin ada keluarga atau siapa yang mencalonkan. Untuk itu, kita harus tetap konsisten bahwa kita netral, kalau ibu-ibu memilih silahkan memilih, tapi tidak boleh ikut kampanye, tidak boleh mempengaruhi orang lain untuk memilih salah satu pasangan,” tegas Dandim.

” TNI tetap harus netral, kita harus menjaga pesta demokrasi ini agar berjalan dengan lancar, karena kalau kita tidak netral maka kita akan terkotak kotak, dan kekuatan kita sekarang ini di negara kita adalah TNI karena masih solid,” tambah orang nomor satu di Kodim 1308/LB ini.

Ia menuturkan, ada pihak yang berencana dan merasa senang jika tubuh TNI dapat terpecah belah, ataupun memecah belah antara TNI – Polri. Sehingganya, hal ini jangan sampai terjadi.

” Sehubungan dengan Pilkada kedepan, untuk itu saya tekankan secara tegas untuk TNI tetap netral, karena tidak ada arahan-arahan dari pimpinan untuk mendukung dan memenangkan salah satu pasangan calon ataupun memberikan bantuan dan kemudahan terhadap pasangan calon pada Pilkada tahun 2020,” tandasnya.

Ia berharap, TNI harus memonitor kondisi dan situasi politik, namun tidak untuk berpihak dalam pemenangan calon mana pun. Jika dilanggar, tentu ada sanksi yang sangat tegas. (um)

Advertisement
%d bloggers like this: