Connect with us

Daerah

Desa Poi Dilanda Banjir Bandang dan Lumpur , 13 KK Direlokasi ke Huntara

Utustoria , PALU – Banjir badang yang disertai lumpur melanda sekira 11 rumah warga Desa Poi Kecamatan Dolo Selatan , Kabupaten Sigi pada Minggu (8/12/2019). Akibatnya sebanyak 13 Kepala Keluarga (KK) harus direlokasi ke tempat yang lebih aman.

Camat Dolo Selatan, Jalil saat ditemui Utustoria mengungkapkan, hujan deras yang berlangsung sejak malam sampai pagi mengakibatkan sungai setempat meluap.

“Hujan deras pada pukul 01.00 Wita dini hari hingga pukul 6.00 Wita mengakibatkan banjir disertai dengan lumpur serta batu berukuran besar menutupi sungai, sehingga lumpur meluap ke pemukiman rumah warga,” kata Camat, saat ditemui pihak Utustoria.com di lokasi banjir.

Iya menambahakan, adapun rumah warga yang terkena dampak banjir lumpur berjumlah 11 rumah yang terdiri dari 13 kepala keluarga.

“Alhamndulillah dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa dan warga yang terdiri 11 kepala keluarga itu sudah direlokasikan ke Huntara, walaupun masih diwilayah desa Poi sini tapi telah masuk kawasan aman,” ungkapnya .

Terpisah, Sekretaris Desa Poi, menyampaikan, akibat dari terpahan banjir bandang dan lumpur harta warga dari 13 rumah tersebut tidak ada terselamatkan.

“Harta benda korban yang kena dampak tidak yang bisa diselamatkan, tapi Alhamndulilah mereka selamat semua. Memang lokasi disini ini sudah masuk kawasan zona merah, mereka juga sudah direlokasikan dan tidak lagi kembali kesini,” ujarnya .

Salah seorang warga pemilik rumah terkena dampak menuturkan, untuk saat ini yang menjadi keluhan mereka hanya logistik dan perabotan masak.

“Untuk sekarang kami membutuhkan logistik khusunya beras dan perabotan masak memasak, untuk sekarang hanya itu dulu yang penting, karena semua peralatan memasak tertimbun lumpur,” tuturnya .

Berdasarkan pantauan media ini, sampai pada sore menjelang magrib dua alat berat sementara beroperasi untuk melakukan penggalian lumpur yang setinggi hampir lutut orang dewasa dan batu yang menutup jalur sungai. (Hajir)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
%d bloggers like this: