Connect with us

Politik

Diduga Langgar Netralitas, 11 Kades di Toili Diproses Bawaslu Banggai

Iksan Pareru (Dok : Pribadi)

Utustoria, BANGGAI – Netralitas sejumlah Kepala Desa (Kades) jelang Pilkada Banggai 2020 mulai diragukan. Hal ini dikarenakan adanya temuan vidio sejumlah Kepala Desa yang memberikan dukungan kepada salah satu Calon Kepala Daerah.

Seperti di Kecamatan Toili, terdapat sekira 11 Kepala Desa yang memberikan dukungan kepada salah satu calon Kepala Daerah melalui vidio pendek. Dan karena adanya vidio tersebut Bawaslu bersikap.

Ketua Bawaslu Kecamatan Toili, Iksan Pareru saat dikonfirmasi membenarkan adanya 11 Kepala Desa di Kecamatan Toili yang mendukung salah satu calon melalui vidio dan mengatasnamakan Forum Kepala Desa (Forkades).

11 Kepala Desa diantaranya :
1. Kades Sentralsari
2. Kades Jaya Kencana
3. Kades Cendana Pura
4. Kades Tirta Kencana
5. Kades marga Kencana
6. Kades Piondo
7. Kades Mulyasari
8. Kades Saribuana
9. Kades Tohitisari
10. Kades Tolisu
11. Kades Bukit jaya

Iksan mengatakan , saat ini sejumlah Kepala Desa telah ditangani oleh Bawaslu Kabupaten Banggai. Sesuai pernyataan Ketua Forkades saat dimintai keterangan oleh pihak Bawaslu bahwa vidio yang melibatkan sejumlah Kepala Desa di Toili itu terjadi saat mereka berada di Desa Pandanwangi Kecamatan Toili Barat sekira Bulan September 2019 lalu sebelum tahap pemilu dimulai.

” Dan mereka mengakui adanya vidio tersebut yang dilakukan tanpa paksaan dan intruksi siapapun,”ungkap Iksan.

Namun lanjut Iksan, sebelum atau sesudah mulai tahapan pemilu laporan tetap akan diproses sesuai aturan yang dipedomani oleh Bawaslu. Dan saat ini dugaan kasus yang melibatkan sekir 11 Kepala Desa masih dalam proses pendalaman.

Terkait hasil pemeriksaan, Iksan meminta semua pihak untuk menunggu hasil dari pihak Bawaslu Kabupaten.(um)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
%d blogger menyukai ini: