Connect with us

Daerah

Evaluasi Aktivitas Tambang dan Perkebunan Sawit di Sulteng

Utustoria , PALU – Komunitas Pencinta Alam Semesta (Kompas) Lingkar Studi Aksi dan Demokrasi Indonesia (LS-ADI) menggelar dialog publik dengan tema Evaluasi di tambang dan perkebunan sawit di Sulawesi Tengah yang dilaksanakan di Cafe Kapeo Palu, Kamis (12/12/2019).

Dialog Publik dihadiri dari Komunitas Pencinta Alam (KPA) se-Kota Palu dan Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) dari berbagai Universitas di Kota Palu.

Adapun Narasumber yakni Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sulteng, Mushadi, Moh.Saleh dan Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Sulteng, Haikal. Dialog di Moderatori oleh Fahrul S.Maso’ama (Kompas LS-ADI).

” Sekitar 100 perusahaan sawit yang terdaftar hanya 36 perusahaan saja, maraknya perusahaan sawit ilegal yang ada karena kesulitan kami dalam menindak lanjuti yang menjadi persoalan adalah kewenangan ada di tangan pemerintah kabupaten sementara kami Dinas Perkebunan dan Peternakan tidak punya kewenangan, Perkebunan yang tidak punya progres harus dicabut izinnya,” ungkap perwakilan Dinas Perkebunan dan Peternakan dalam pemaparannya.

Sementara itu, Narasumber dari Dinas ESDM, Moh.Saleh mengatakan sejak tahun 2013 pertambangan sudah marak terjadi sampai pada 2017, beberapa penindakan terhadap penambangan yang ditangkap itu Penambangnya seharusnya yang di tangkap cukong.

Selanjutnya Sekretaris Kompas LS-ADI, Anto menjelaskan Dialog Publik bertujuan sebagai evaluasi tambang yang tidak memiliki izin bahkan banyak tambang-tambang yang merusak lingkungan yang memiliki dampak kepada masyarakat, seperti halnya Galian C di Kota Palu.

“Apabila tambang Galian C ini dilakukan akan mengakibatkan Ispa (Gangguan Pernapasan) bagi masyarakat sekitar Galian C,” tambahnya.

Olehnya itu, kami akan melaksanakan kajian terkait pertambangan dan perkebunan kelapa sawit yang ilegal di Provinsi Sulawesi Tengah, apabila diberikan ruang kami dari Kompas LS-ADI akan bersinergi bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah untuk mengawal tambang ilegal yang ada di setiap Daerah. (Afdal)

Continue Reading
8 Comments

8 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
%d bloggers like this: