Connect with us

Daerah

FKUB Se-Sulawesi Tengah Gelar Seminar Nasional Penguatan Paham Keagamaan

Utustoria, PALU – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Se-Sulawesi Tengah mengelar Seminar Nasional dan bertajuk Penguatan Paham Keagamaan Inklusif Humanis Sebagai Daya Tangkal Gerakan Intoleran, Radikalisme, dan Terorisme di Indonesia di Gedung Asrama Haji Transit Palu, Jl.Wr.Supratman, Sabtu (23/11).

Adapun yang hadir sebagai Narasumber dalam Seminar Nasional yaitu Ketua Asosiasi FKUB Se Indonesia, Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet l, Kepala Pusat KUB Kementerian Agama RI dalam dilanjutkan sesi kedua yang di hadiri Kepala Badan Kesbangpol Sulteng Dr.H.Faharuddin Yambas M.Si Ketua FKUB Sulteng, Prof.Dr. Zainal Abidin.

Kegiatan Seminar Nasional yang di rangkaikan dengan Rapat Kerja (Raker) FKUB dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 23-24 November 2019.

Wakil Ketua II FKUB Provinsi Sulawesi Tengah, Dr.Cristian Tinjabate mengungkapkan diharapkan kepada Narasumber memberikan pemahaman di tempat pembinaan ini tentang kesadaran pentingnya keberadaan FKUB itu.

“terutama dari kementerian agama banyak menyingung soal kebijakan-kebijakan Pemerintah untuk mendorong agar FKUB seluruh Indonesia bisa berjalan seperti bapa yang di harapkan menjadi mitra pemerintah untuk menyelesaikan issu-issu intoleransi, gerakan radikal, yang berpotensi memecah keutuhan bangsa” tambahnya .

Seminar nasional dan rapat kerja FKUB bertujuan untuk mengajak semua umat beragama menjalankan agama dengan baik dan benar, kemudian saling memahami keberadaan kita sebagai bangsa yang plural sehingga kedepan Indonesia ini bisa hidup rukun dan damai.

“Kita berkeinginan bahwa FKUB ini menjadi garda terdepan di Indonesia dan khususnya di Sulawesi Tengah, karena kita tahu akhir-akhir ini bangsa kita diperhadapkan dengan persoalan gerakan radikal, intoleran, dan terorisme, kiranya dengan adanya FKUB bisa meminimalisir pemahaman-pemahaman seperti itu,” ungkap Cristian.

Dalam kegiatan seminar nasional dan rapat kerja FKUB melahirkan komitmen dari pemerintah pusat yang di sampaikan oleh narasumber dari kementerian agama RI kedepan akan memperbaiki sistem pembinaan FKUB, termasuk mendorong anggaran yang sesuai dengan porsi yang dibutuhkan FKUB, karena banyak para peserta yang hadir mengeluhkan kurangnya dana pada kegiatan-kegiatan FKUB.

“Diharapkan kedepan pemerintah daerah di Sulawesi Tengah dapat bermitra, agar mereka memiliki empati terhadap FKUB, seperti kegiatan yang dilaksanakan di Provinsi ini atas dukungan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah langsung dari Pak Gubernur, Belio pun memberi kontribusi keapada kegiatan ini cukup memadai untuk terlaksananya kegiatan seminar nasional dan rapat kerja saat ini, itulah salah satu wujud kepedulian yang harus kita pelihara semua” tegasnya. (Afadal)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
%d bloggers like this: