Connect with us

Daerah

Fraksi Nasdem Dorong Percepatan Pembentukan Pansus Rehab Rekon Pasca Bencana

Utustoria , PALU – Ketua Fraksi NasDem DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Ibrahim A.Hafid akan mendorong percepatan pembentukan panitia khusus (Pansus) mengenai rehab rekon pasca bencana Pasigala, saat ditemui di ruangannya di Kantor DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Selasa (08/01/2019).

“Fraksi Nasdem akan mendorong pansus agar bekerja dengan maksimal dan kita akan menempatkan kader-kader partai Nasdem di dalam pansus,” kata Ibrahim.

Dalam pelaksanaan pansus Ibrahim mengungkapkan, tidak hanya mendapatkan laporan tetapi juga turun ke lapangan untuk mengecek fakta-fakta empirik dilapangan soal rehab rekon.

“Untuk mencari tahu informasi ada tidak kendala dan problem yang muncul saat ini karena bukan hanya sekedar pembangunan fisik yang kita upayakan tapi rehab rekon yang berkaitan dengan pemulihan kembali sosial dan ekonomi kepada penyintas, pasigala,” tuturnya.

Selanjutnya Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah Dapil Parigi Moutong itu menambahkan, ia berharap Pansus bisa mendapatkan data dan fakta yang valid, untuk di sandingkan dengan data di Pemerintahan.

“Saat ini problem kita, kenapa bantuan terhadap penyintas sudah ada yang mendapat bahkan masih ada juga yang belum mendapatkan, karena ini soal data kita yang tidak valid,” tambahnya.

Bagi Ibrahim persoalan data harus diselesaikan pada tataran pengambil keputusan (Pemerintah Daerah), data yang patut kita jadikan sebuah referensi utama harus melalui satu pintu.

“Sehingga tidak ada lagi permasalahan yang terjadi, misalnya satu sisi ada yang bicara datanya sekian ribu dan di sisi lain ada yang bicara datanya sekian ribu jadinya tidak konek,” ungkapnya.

“Pemerintah Daerah juga, kita minta secepatnya data ini tidak lagi menjadi alasan untuk kita menyelesaikan problem bantuan ini, jadi segera ada putusan bahwa data yang mana digunakan, agar tidak di kambing hitamkan data tersebut,” sambung Ibrahim.

Olehnya di harapkan pula Pansus menjadi satu panitia yang dapat menyelesaikan sekian banyak permasalahan, pansus tidak hanya melakukan pengawasan tetapi pansus juga bekerja mencari informasi, dokumentasi, data dan fakta yang akan di sinergikan dengan data Pemrintah Daerah.

“Pembentukan panitia khusus pengawasan proses rekonstruksi bencana pasigala dalam waktu dekat di awal tahun 2020, kemungkinan di Minggu ke 4 Januari, karena sudah masuk di jadwal Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Provinsi Sulawesi Tengah,” tutupnya. (Afdal)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
%d bloggers like this: