Connect with us

Daerah

Hidayat : Sulteng Bangkit Bukan Sekedar Slogan Tapi Harus Jadi Program

Hidayat Lamakarate

Utustoria, PALU – Hidayat Lamakarate memberikan gagasan Sulawesi Tengah yang harus bangkit dari masalah kebencanaan. Ia mengatakan, Sulteng Bangkit tidak hanya menjadi slogan semata, tetapi sebutan Sulteng Bangkit menjadi Program. Saat ditemui di Rumah Jabatan, Rabu (22/01/2020).

“Bangkitnya, bangkit darimana tentu kita harus memastikan semua masyarakat terdampak bencana itu harus segera bisa mendapatkan semua hak-haknya,” ucapnya.

Hidayat mengatakan, bagi masyarakat
yang dulu masuk dalam kategori pengungsi bisa mendapatkan Jaminan Hidup (Jadup), masyarakat yang mengalami kerusakan rumah dapat memperoleh dana stimulannya, masyarakat yang kehilangan rumah dapat penggantinya atau yang sekarang dikenal dengan Hunian Tetap (Huntap) yang direkomendasi.

Hidayat mengungkapkan setelah itu harus bicara pada sisi kebangkitan ekonomi, kebangkitan dari sisi ekonomi itu, ia berharap agar masyarakat yang dulu yang punya usaha dan kembali bisa hidup normal ketika rumahnya sudah di perbaiki, rumah yang telah hilang sudah mendapatkan gantinya, sehingga bisa tinggal normal di rumah itu, lalu dikedepankan untuk memikirkan bagaimana masyarakat bisa kembali membuka usaha.

“Dari usaha itu tentu kita pastikan usahanya itu bisa menghasilkan uang bagi mereka, tidak boleh kita dorong mereka berusaha, terus dibiarkan mereka berusaha sendiri, akhirnya tidak ada yang memanfaatkan tidak ada yang membeli, jadinya tidak berdaya juga mereka secara ekonomi, itu juga yang kita harus dorong kedepan untuk masyarakat bisa bangkit secara ekonomi,” ungkapnya.

Selanjutnya, Hidayat menjelaskan, harus bisa memastikan fasilitas-fasilitas Pemerintah, Infrastruktur, Jalan, Jembatan, Rumah Sakit, Puskesmas, dan Pustu yang mengalami gangguan akibat bencana kemarin yang merupakan pusat-pusat pelayanan dasar untuk kesehatan dan pusat-pusat pelayanan untuk pendidikan, Ia akan pastikan bisa segera direalisasikan penyelesaiannya, itu yang menjadi program dalam Sulteng Bangkit kedepan yang perlu dilaksanakan.

“Dalam rangka memastikan bahwa pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tengah bisa menjadi lebih baik, indeks pembangunan manusia lebih baik, tentu kita memperhatikan sektor pendidikan dan sektor kesehatan,” tuturnya.

Hidayat pun menambahkan, khususnya dikelompok masyarakat, banyak pengeluhan mengenai lapangan kerja, ia menuturkan dalam lapangan kerja ini tentu harus dicarikan solusinya, tidak bisa berharap dengan lapangan pekerjaan yang dibuka Pemerintah.

“Kita harus mendatangkan investasi ke daerah kita, dengan mendatangkan investasi, kemudian akan ada ruang-ruang kerja bisa terbuka untuk sebagian kelompok masyarakat kita, tidak semua, tetapi juga yang kita akan dorong adalah kelompok-kelompok masyarakat yang bisa melakukan usaha secara mandiri,” kata Hidayat.

“Yang dimaksud dengan usaha mandiri adalah bagaimana mereka bisa menciptakan peluang-peluang pekerjaan sendiri, misalnya dengan kemampuannya dengan keterampilannya, dia bisa mengembangkan usaha keterampilan dan keahliannya, itu juga perlu disuport,” sambung Hidayat

Kemudian dari sektor pertanian dan perkebunan, Bagi Hidayat pertanian dan perkebunan saat ini di Sulawesi Tengah, boleh dikatakan, masyarakat yang hidup dari sektor tersebut banyak sekali, presentasinya cukup tinggi termasuk di nelayan, ia menyampaikan, sekarang itu juga yang menjadi perhatian penting.

“karena banyaknya masyarakat yang hidup di sektor itu, kita lihat sekarang bagaimana tingkat kesejahteraan mereka,” ujarnya

“Hasil panennya bagaimana mereka menjual, hasil tangkapan lautnya mereka menjualnya seperti apa, kalaupun mereka bisa menjual berapa harganya, nah harga itu mampu tidak menjamin bahwa modal ketika mereka bekerja itu bisa mencukupi kebutuhan hidupnya sehari-hari, tetapi ketika modal dan hasil diperbandingkan, disitu ada selisih tidak disitu, untung apa rugi.” lanjut Hidayat.

Hidayat mengatakan selama ini ketika, ia berkeliling ke beberapa tempat, ia mendengarkan keluhan masyarakat, sering dari masyarakat menjual dengan selisih tidak terlalu besar sehingga tidak bisa dikatakan untungnya bisa memenuhi kebutuhan hidup masyarakat.

“Inilah dibutuhkan hadirnya Sulteng Bangkit sebagai program, agar supaya masyarakat lebih sejahtera hidupnya dari pekerjaan yang mereka lakukan selama ini, itulah program-program besar yang akan dilaksanakan kedepan,” ucapnya.

Hidayat menyebutkan paling tidak dalam kapasitas sebagai pemerintah saat ini progam itupun akan dilaksanakan, jika misalnya ia mendapatkan jalan untuk menjadi gubernur kedepanya, program Sulteng Bangkit akan diprioritaskan.

“Tentu saya akan memperioritaskan program-program yang saya sebut tadi itu, kenapa, karena menurut saya itulah hal-hal yang penting harus dilakukan kedepan jika seandainya yah kira-kira, Apabila saya lolos di kontestasi politik itu menjadi program-program yang akan terus dikawal, karena itu adalah program-program yang kita jalankan juga sebagai pemerintah sekarang ini,” sebutnya

“Jika kedepan InsyaAllah, Allah memberi jalan, yah tentu kita akan coba komitmen melanjutkan program-program untuk kepentingan masyarakat,” tutupnya. (Afdal)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
%d bloggers like this: