Connect with us

Daerah

HUT Kecamatan Tomini Ke-12, Bupati Parimo Dilantik Sebagai Tosiaang Logase Secara Adat

Pemerintah Kecamatan Tomini Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) menggelar Hari Ulang Tahun (HUT) ke-12 (Foto : Istimewa)

Utustoria, PARIMO – Pemerintah Kecamatan Tomini Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) menggelar Hari Ulang Tahun (HUT) ke-12 sekaligus pelantikan Bupati Kabupaten Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu sebagai Tosiaang Logase secara Adat, di Lapangan Batu Raja Tomini, Sabtu (18/01/2020).

Tosiaang Logase bersasal dari bahasa Tialo yang berarti orang tua. tosiaang logase merupakan orang yang dituakan atau seseorang yang dihormati, Samsurizal Tombolotutu sendiri yang diketahui masyarakat Parimo sebagai keturunan Raja, maka Samsurizal dinobatkan totua Adat Suku Tialo menjadi tosiaang logase bagi masyarakat Kecamatan Tomini.

Sebelum dilantik secara adat Bupati Parimo dibawah naik perahu mulai dari Pogaian Desa Tingkulang menuju ke dermaga Tomini dan langsung dibawah ke Lapangan Batu Raja Tomini.

Kegiatan Hut Kecamatan Tomini ini juga di rangkaikan dengan 23 kegiatan diantaranya kegiatan olahraga,seni dan kegiatan kemasyarakatan.

Camat Tomini Muktasim dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan Hut Kecamatan Tomini yang ke-12 dikemas dengan kegiatan yang diberi nama Pekan Raya Tomini 2020 dan insya allah kegiatan ini akan tetap dilaksanakan setiap tahun oleh masyarakat dan pemerintah yang berada di wilayah Kecamatan Tomini.

“Tujuan dilaksanakan kegiatan ini memperkokoh semangat persatuan serta menjalin kebersamaan demi memupuk militansi kebersamaan ke arah kemajuan pembangunan,menjalin silaturahmi tanpa membedakan suku,etnis,agama demi untuk tomini maju dan sejahtera,” ujar Mutasim.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu pun memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya pada panitia Kecamatan Tomini yang telah menyelenggarakan pekan rakyat tomini 2020 yang sudah berlangsung selama satu minggu.

“Harapan saya kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan setidaknya dapat dilaksanakan rutin setiap tahun sebagai salah satu sebagai salah satu ajang promosi adat,budaya maupun kuliner kepada masyarakat luas,” ucapnya.(Hajir)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
%d bloggers like this: