Connect with us

Pendidikan

IAIN Palu Laksanakan FGD : Bentuk-bentuk Praktikum Mata Kuliah Program Studi 2019

Utustoria , PALU – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu melalui Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) melaksanakan Focus Group Duscusion (FGD) yang bertajuk Bentuk-bentuk praktikum mata kuliah program studi (prodi) tahun 2019. Kegiatan tersebut digelar di Aula IAIN, Senin (23/12/2019).

Adapun narasumber yaitu Rektor IAIN Prof.Dr.H. Sagaf S.Pettalongi M.Pd dan Ketua Prodi Fisika Universitas Tadulako (Untad) Dr.Sahrul Saehana, M.Si. Focus Group Duscusion (FGD) dihadiri oleh para Dekan Fakultas IAIN Palu, sejumlah Ketua Prodi IAIN Palu serta sejumlah Dosen IAIN Palu.

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Palu, Dr.H. Askar, M.Pd mengungkapkan, Focus Group Duscusion (FGD) tentang praktikum mata kuliah bertujuan membangun penyamaan persepsi khusunya pada semua ketua-ketua prodi dan jajarannya.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperoleh pemahaman terkait praktikum mata kuliah,” ungkapnya .

Askar menambahkan, disamping itu juga diberikan pemahaman tentang tata cara pelaksanaan, proses pelaksanaan, untuk mengetahui usulan pelaksanaan, waktu pelaksanaan, dan pendanaan dalam hal ini apakah akan dibiayai prodi atau sharing dengan mahasiswa.

“Ini dilakukan karena dalam empat tahun terakhir ini dari STAIN menuju IAIN kemudian akan ke UIN tentu akan banyak prodi-prodi baru, dari prodi-prodi baru kemungkinan besar akan dibuka prodi-prodi umum, dari prodi umum ini ada beberapa mata kuliah yang berpotensi untuk praktikum, itulah yang kita mau satukan wawasannya,” tambahnya.

Di ilmu-ilmu sosial pun begitu, ada beberapa mata kuliah yang kemungkinan mahasiswa melakukan praktikum dilapangan, itu menjadi ide dasar sehingga FGD ini dilaksanakan.

“Agar kedepan dekan-dekan memiliki wawasan membuat mengenai kebijakan-kebijakan pelaksanaan praktikum, kebijakan pendanaan, dan program-program praktikum itu sendiri,” ungkapnya.

Olehnya setelah terjadi penyamaan persepsi sebagai output dari FGD, maka diharapkan kreativitas dari Prodi dan Dosen untuk melakukan praktikum agar tidak ada kesenjangan dengan pejabat-pejabat tingkat fakultas dan terakhir apakah akan ada kebijakan pendanaan sharing dengan mahasiswa ataukah dibiayai oleh prodi,” tutupnya . (Afdal)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
%d bloggers like this: