Connect with us

Daerah

Ingkar Janji , Kantor PT Sucofindo Episi Diblokade Puluhan Buruh

Utustoria , BANGGAI – Puluhan Buruh melakukan Blokade terhadap kantor PT. Sucofindo Episi yang ada dikelurahan sisipan kecamatan Batui, pada selasa 31 Desember 2019.

Hal ini dengan alasan pihak PT. Sucofindo Episi belum menyelesaikan konflik Buruh yang telah berbulan-bulan. Padahal sebelumnya pihak PT. Sucofindo Episi telah bersepakat dengan pihak Buruh, di depan Disnaker kabupaten Banggai, Kabag Hukum, dan pihak komisi satu DPRD kabupaten Banggai, untuk menyelesaikan persoalan Buruh pada 30 Desember 2019 lalu.

Rastam djani salah satu Buruh mengatakan bahwa pihak PT Sucofindo Episi telah ingkar terhadap kesepakatan pada saat RDP senin (23/12/2019) dikantor DPRD kabupaten Banggai. Sehingga pihaknya saat ini melakukan blokade kantor PT Sucofindo Episi yang ada di Kelurahan Sisipan.

Adapun kesepakatan yang diingakar oleh Perusahaan tersebut yang tertuang dalam berita acara pada 23 Desember 2019, yakni :

1. Meminta PT Sucofindo Episi untuk segera melunasi/menyelesaikan hak-hak tenaga kerja yang diabaikan sampai dengan tanggal 30 Desember 2019 sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku ;

2. Meminta Kepada Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banggai untuk memfasilitasi dengan melakukan media guna menyelesaikan permasalahan ini dengan melibatkan pengawas tenaga kerja.

3. Bahwa Komisi I DPRD Kabupaten Banggai, tanggal 26 Desember 2019 meminta kepada pihak perusahaan untuk menyampaikan informasi progres penyelesaian permasalahan pembayaran hak-hak tenaga kerja yang dimaksud.

Adapun kesepakatan ini dihasilkan dari Rapat Dengar Pendapat (RDP) oleh Komisi I DPRD Kabupaten Banggai. Serta berita acara tersebut disepakati melalui sejumlah tanda tangan, yakni , Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Banggai Masnawati Muhammad SE , Disnakertrans Ridwan R. Amin MT , Kasubag Bantuan Hukum Bagian Hukum Setda Banggai Herry Symonsz SH , PT Sucofindo Episi Riptiawan, Aliansi Mahasiswa Kabupaten Banggai Bersatu Moh. Sugianto Adjadar serta Front Nasional Perjuangan Buruh Indonesia Ilham dan Sarip. (um)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
%d bloggers like this: