Connect with us

Pendidikan

Ini Alasannya Kenapa Harus Mendaftar Jadi Mahasiswa IAIN Palu

Utustoria , PALU – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kota Palu, saat ini melakukan penerimaan mahasiswa baru (maba) melalui 3 (tiga) jalur yakni pertama jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN-PTKIN), kedua Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), ketiga Ujian Masuk Mandiri (UM-MANDIRI).

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr.H. Abidin, S.Ag.,M.Ag mengatakan pendaftaran untuk jalur SPAN- PTKIN dimulai sejak 6 Januari sampai 31 januari 2020, untuk UM-PTKIN dimuali dari 15 April sampai 31 April, dan untuk Mandiri dari 1 Juli sampai 31 Juli.

“Saat ini IAIN Palu sudah melakukan langkah-langkah secara masif, seperti membuat brosur, memasukan iklan penerimaan di media, dan membentuk team sosialisasi yang bertebaran di seluruh Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat, sekarang team sudah di lapangan untuk melakukan sosialisasi ditingkat SLTA sederajat,” ungkapnya saat ditemui di kantor IAIN Palu, Selasa (14/01/2020).

Selain itu, IAIN Palu juga mengumpulkan rapor dan data-data pribadi siswa dan data sekolah untuk dimasukkan dalam Seleksi Prestasi Akademik Sekolah (SPAN-PTKIN) agar siswa tersebut tidak lagi ikut tes ujian dan tidak melakukan pembayaran.

“Jadi prestasi akademik siswa diambil dari raportnya, kalau bagus nilainya tidak ada lagi tes ujian dan tidak ada lagi pembayaran bagi siswa itu, yang loloskan itu pusat bukan lokal,” ungkapnya.

“Barometernya dari prestasinya karena itu dijamin oleh negara,” tambah Abidin.

Kemudian perlu diketahui, IAIN Palu memiliki 4 Fakultas yaitu Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Islam, dan Fakultas Syari’ah Hukum Islam.

Terlebih , IAIN Palu juga memiliki keistimewaan tersendiri, terkait dengan keunggulan Institut Islam Agama Negeri (IAIN) Palu semua mata kuliahnya berkaitan dengan agama Islam, beberapa prodi di IAIN Palu, yang dibenarkan oleh negara untuk membuka prodi umum, seperti matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris.

“Semua prodi-prodi itu kita warnai dengan Islam, di Matematika juga kita ajarkan bagaimana itu tafsir, kita ajarkan juga bagaimana hubungan matematika dan Al Qur’an,” lanjutnya.

Persiapan akan beralih status dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu menjadi Universitas Islam Negeri (UIN), dengan menunjukan totalitas IAIN Palu membuka prodi-prodi umum sesuai dengan ketentuan peralihan status.

“Rancangan kita, sudah kita laporkan ke Jakarta, sudah presentasi dan dinyatakan lolos untuk UIN, olehnya itu ada fakultas besar yang umum kita akan buka yakni Fakultas Sains dan Fakultas Kesehatan,” tutur Abidin.

Abidin juga menambahkan, Fakultas sains murni mata kuliahnya umum, tetapi juga karena namanya UIN, maka mata kuliahnya kita integrasikan antara umum dengan agama, sehingga agama merwaranai mata kuliah umum itu.

“Misalnya ketika mahasiswa belajar mengenai gizi, cari ayatnya, mana ayat yang berkaitan dengan gizi, seperti itu,” tandasnya.

Keunggulan IAIN Palu semua prodi-prodi umum diwarnai dengan Al Qur’an, jadi walaupun mata kuliahnya umum tapi warna-warna Islam di dalamnya kuat.

Kabarnya IAIN Palu beralih status menjadi UIN Palu akan segera terlaksana.

“IAIN Palu beralih status menjadi UIN Palu Insha Allah akan segera terlaksana. Janji negara itu Tanggal 3 Maret Tahun 2020 Lounching untuk IAIN beralih status menjadi UIN, kita sudah penuhi persyaratannya, Prestasi IAIN dimana-mana, sekarang posisinya di Bappenas, ini juga menjadi keunggulan IAIN kedepan,” tutupnya. (Afdal)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
%d blogger menyukai ini: