Connect with us

Artikel

Jadi Rebutan, PAN Jadi Penentu Jumlah Kontestan Pilbup Banggai ?

Para Bakal Calon Bupati Banggai yang saat ini berupaya merebut rekomendasi dari DPP PAN.

Utustoria, BANGGAI – Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi salah satu partai yang tergolong seksi di Pilkada Banggai 2020 ini.

Pasalnya, meski hanya miliki 3 kursi di Parlemen Lalong, partai besutan Amin Rais ini tiba-tiba saja menjadi trending topik dikalangan akar rumput di Kabupaten Banggai dan asik untuk menjadi bahan diskusi. Selain petahana (Winstar) yang mengklaim akan merebut rekom dari partai berlambang matahari itu, Ir. H. Amirudin Tamoreka bersama Furqanudin Masulili juga optimis bahwa pihaknya juga akan mendapatkan rekom dari DPP PAN.

Tidak hanya itu saja, tapi Syamsul Bahri Mang bersama Heppy Manopo juga dikabarkan mendapatkan restu dari Ketua Umum PAN yakni Zulkifli Hasan untuk pasangan dengan tagline “To B Heppy”. Meski belum mengantongi rekom, kabar tersebut cukup membuat gempar para calon pemilih.

Terlebih dalam situasi saat ini, dari empat Bakal Calon yang muncul dipermukaan yakni Herwin Yatim, Amirudin Tamoreka, Sulianti Murad dan Syamsul Bahri Mang, baru satu kandidat yang berada pada posisi titik aman untuk melanjutkan pada pendaftaran sebagai Calon Bupati Banggai. Mereka yakni Herwin – Mustar atau dikenal dengan tagline Winstar.

Bagaiamana dengan 3 Bakal Calon lainnya?

Untuk Sulianti Murad, belum lama ini DPD Gerindra Sulteng secara resmi telah mengusulkan buah hati dari pengusaha ternama H. Murad Husain itu ke DPP Gerindra dan menjadi satu-satunya bakal Calon Bupati Banggai yang mendapat usulan tersebut.

Usulan itu dibuktikan dengan surat usulan Nomor : SH/02010/DPD GERINDRA/2020 pada tanggal 10 Februari 2020.

Terlebih, Ir. H. Amirudin Tamoreka yang sejak awal telah meyakinkan masyarakat Kabupaten Banggai bahwa dirinya akan diusung oleh partai besutan Surya Paloh (NasDem). Pasalnya, menurutnya sikap untuk berniat maju sebagai kandidat Calon Bupati Banggai tidak terlepas perintah Waketum NasDem yakni Ahmad M. Ali.

Tidak itu saja, Deks Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah menyetujui dan merekomendasikan pasangan Amir – Furqan sebagai kandidat Calon Bupati dan Wakil Bupati Banggai 2020. Itu dibuktikan dengan surat persetujuan nomor : 175/DEKS PILKADA/PKB/II/2020 pada 24 Februari 2020.

Untuk Syamsul Bahri Mang, menurut informasi yang diperoleh hingga saat ini pun belum mengantongi rekomendasi dari partai mana pun. Meski menjabat sebagai Ketua DPD Banggai, pria yang akrab disapa Obama ini belum mendapatkan angin segar dari DPP Golkar untuk maju sebagai kontestan Pilbup Banggai 2020.

Meski sempat di isukan akan berpasangan dengan Sulianti Murad, namun Obama juga belum menunjukan sikap untuk membenarkan kabar burung itu.

Dari ke empat kandidat Bakal Calon itu, saat ini saling klaim bahwa akan mendapatkan rekom DPP PAN. Sehingga suhu politik di Kabupaten Banggai menjadi tambah seru saja.

PAN Penentu Jumlah Kandidat di Pilbup Banggai ?

Jika Winstar saat ini bisa merasa aman dan nyaman, bagaimana dengan ketiga Bakal Calon lainnya?

Winstar saat ini telah mengantongi 3 SK rekomendasi yakni dari Partai PDIP, PKS dan Perindo dengan jumlah kursi melebih target yang ditetapkan.

Jika NaDem dan PKB benar-benar jatuh ketangan Amir Tamoreka, maka pasangan AT – FM bisa melaju pada tahap selanjutnya , karena telah melebih dari standar yang menjadi syarat utama. Dengan kekuatan 8 kursi di Parlemen. Jika ditambahkan dengan jumlah 3 kursi PAN, maka pasangan AT – FM akan maju dengan kekuatan 11 kursi. Selain itu, AT – FM juga masih optimis mendapatkan dukungan dari Partai Hanura.

Sulianti Murad, dengan kekuatan Partai Gerindra Banggai yang hanya capai 4 kursi tentu sangat membutuhkan tambahan parpol untuk capai syarat yang ditentukan. Jika Gerindra benar-benar dikantongi Sulianti Murad, posisi PAN yang miliki 3 kursi menjadi satu-satunya partai yang dapat menolong Anti Murad untuk melenggang dengan aman untuk mendaftar sebagai Kandidat Calon Bupati Banggai dengan kuota 7 kursi. Dan jika itu tak dapat diperoleh Anti Murad, bisa jadi orientasi menjadi Calon Bupati Banggai kandas sampai disini saja.

Begitupun dengan Syamsul Bahri Mang, yang saat ini sangat optimis meraih rekom dari partai beringin (Golkar) yang ia pimpin di Banggai hingga sekarang. Meski begitu, Golkar punya posisi yang sama dengan Partai Gerindra, yakni hanya miliki 4 kursi saja di Parlemen Lalong. Sehingga PAN juga sangat berarti untuk pasangan Obama – Heppy.

Prediksi Kandidat

Meski hanya milik 3 kursi saja, PAN kini bisa dikatakan penentu jumlah petarung pada Pilkada Banggai.

Jika PAN jatuh ke pelukan Winstar, makanya bisa jadi hanya akan ada dua petarung yang muncul di Pilkada Banggai. Yakni hanya Winstar Vs AT-FM. Dan begitu pun jika PAN jatuh ketangan AT- FM. Terkecuali Gerindra dan Golkar dapat berkoalisi, sehingga bisa memunculkan 3 pasang Calon Kandidat.

Tapi, jika PAN jatuh pada Anti Murad atau Obama, maka salah satu figur terbaik Banggai itu harus legowo untuk menjadi penonton di kontestasi Pilkada tahun ini.

Tapi apakah prediksi ini akan benar-benar terjadi?

Mari ikuti terus perkembangan politik Pilkada Banggai.

Advertisement
%d bloggers like this: