Connect with us

Nasional

Kementerian Agama Himbau 3 Hal Untuk Umat Muslim Saat Terjadi Gerhana Matahari Cincin

Utustoria , PALU – Tepat pada 26 Desember 2019 Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan terjadi fenomena alam yakni Gerhana Matahari Cincin yang dapat disaksikan di 25 wilayah.

Dari informasi yang diperoleh dari BMKG, gerhana matahari cincin dapat disaksikan di dua wilayah Indonesia yakni wilayah Sumatera dan Kalimantan. Dan diperkirakan waktu puncak gerhana paling awal akan terjadi pada pukul 11:55 WIB di Sinabang, Aceh dan berakhir di Tanjung Redeb, Kalimantan Timur pada pukul 14:10 Wita.

Atas informasi itu, Kementerian Agama Republik Indonesia (RI) melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam mengeluarkan surat himbauan dalam bentuk Press Release kepada seluruh umat muslim di Indonesia terkait dengan akan terjadinya gerhana matahari cincin dan gerhana matahari diseluruh kawasan Indonesia.

Press Release yang diedarkan oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam pada 22 Rabi’ul akhir 1441 H atau 19 Desember 2019 tersebut berbunyi :

Diberitahukan kepada kaum Muslimin di seluruh wilayah Indonesia, berdasarkan data astronomis bahwa pada hari Kamis tanggal 26 Desember 2019 M bertepatan tanggal 29 Rabi’ul akhir 1441 H mulai pukul 10: 34 WIB di Indonesia akan terjadi gerhana matahari cincin dan gerhana matahari sebagian. Seluruh kawasan Indonesia dapat mengamati gerhana matahari ini. Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 12:17 WIB, dan akhir gerhana pukul 14:00 WIB.

Sehubungan dengan itu, bagi kaum muslimin di himbau untuk :

1. Melakukan shalat sunnah gerhana secara berjamaah dan melakukan khutbah, sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW dalam pelaksanaan shalat gerhana.

2. Dianjurkan untuk bertakbir terlebih dahulu, memperbanyak dzikir, istigfar, sedekah, dan amal-amal kebajikanainnya.

3.Disamping itu, kami menghimbau agar umat islam berdo’a untuk keselamatan bangsa dan negara. (Hajir)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
%d bloggers like this: