Connect with us

Daerah

KKP Lakukan Pemeriksaan Penumpang di Bandara Mutiara Sis Al-Jufri Kota Palu

Antisipasi Penyebaran virus corona, KKP Lakukan Pemeriksaan Penumpang di Bandara Mutiara Sis Al-Jufri Kota Palu. [Muhajir MJ Saaban/Utustoria]

Utustoria, PALU – Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) wilayah kerja Kota Palu, melakukan pemeriksaan suhu badan kepada seluruh penumpang di Bandar Udara Mutiara Sis Al-Jufri, guna mengantisipasi penyebaran virus corona, Selasa (28/1/2020).

Berdasarkan pantauan Utustoria.com, para petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan wilayah Palu melakukan pemeriksaan kepada setiap penumpang dipintu masuk kedatangan Bandara.

Koordinator KKP Wilayah Kerja Bandara Mutiara Sis Al-Jufri, dr. Lisda mengatakan pemeriksaan yang dilakukan yaitu pemeriksaan suhu badan para penumpang dengan menggunakan alat pengukur suhu badan (Termometer Infra Red).

“Dari hasil pemeriksaan menggunakan alat tersebut, kecurigaan yang terdampak virus corona itu yang suhu badannya diatas angka 38 drajat Celcius, dan yang terhitung normal itu suhu badannya dibawah angka 38,” kata dr. Lisda.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengendalian Karantina dan Surveilens, Kantor Kesehatan Pelabuhan Palu,
Muhammad Rahmat mengungkapkan, pemeriksaan tersebut merupakan sikap siaga KKP guna mengantisipasi penyebaran virus corona.

“Ini merupakan wilayah kerja kami KKP, dimana kalau yang darurat, kami harus siap siaga, untuk mengantisipasi sedini mungkin,” ungkapnya.

Muhammad Rahmat menyampaikan, pemeriksaan yang digelar selama tiga hari, sejak minggu sampai hari ini selasa (28/1) petugas KKP belum mendapatkan penumpang yang suhu badannya di atas 38 derajat celcius dari pemeriksaan dengan alat pengukur suhu badan (Termometer Infraret).

“Selama tiga hari pemeriksaan memakai alat pengukur suhu badan, alhamdulillah masih aman, belum ada yg diatas 38 derajat celcius,” ujarnya.

Lanjut Rahmat, pemeriksaan ini akan terus dilakukan sampai dengan batas waktu yang tidak bisa ditentukan.

“Ini akan terus berlanjut, ini kan merupakan tupoksi kami, untuk batas waktunya itu kalau suda ada instruksi dari pemerintah pusat,” tutupnya. (Ajir)

Advertisement
%d bloggers like this: