Connect with us

Politik

Komisioner KPU RI Hadiri Launching Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng 2020

Utustoria , PALU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah menggelar Lounching Pemilihan Gubenur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah 2020 di Hotel Best Western Bell Plus Coco Palu.

Lounching yang di hadiri oleh Komisioner KPU RI Ketua Devisi Data dan Informasi, Viryan Aziz, dalam sembutanya menyampaikan, 23 September 2020 mendatang 270 daerah akan melaksanakan Pilkada serentak.

“Pilkada serentak dari episode pertama 2015, episode kedua 2017, episode ketiga 2018, sekarang kita akan memasuki tahapan pilkada serentak 2020,” ujarnya.

Di provinsi Sulawesi Tengah dari 13 Kabupaten/Kota, 8 Kabupaten/Kota akan melaksanakan Pilkada ditambah lagi Pilkada Provinsi (Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng).

“Ini menjadi bagian dari proses pembangunan politik, kami dapat laporan dari Ketua KPU Provinsi Sulteng bahwa pemerintah daerah dan DPRD Provinsi Sulteng mendukung penuh terkait penganggaran Pilkada Provinsi Sulawesi Tengah sejumlah Rp 158.000.000.000,” ungkapnya.

Ucapan terimakasih oleh Komisioner KPU RI kepada pemerintah daerah dan DPRD Provinsi Sulawesi Tengah yang telah mendukung penganggaran Pilkada Provinsi Sulteng.

Selanjutnya Viryan mengajak seluruh masyarakat Sulawesi Tengah untuk bersama-sama mengefektifkan Pilkada serentak khususnya di Sulawesi Tengah.

“Mari kita bergandengan tangan untuk mensukseskan pilkada 2020 sebagai pembangunan politik yang berkualitas dan berintegritas,” tuturnya.

Sementara itu Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Rusli Dg Palabi mengatakan, Pilkada merupakan penyelenggaraan kedaulatan rakyat dalam pemerintahan daerah yang demokratis dan berasaskan Pancasila serta berlandaskan UU 1945.

“Oleh karena itu untuk meningkatkan kualitas demokrasi, maka dibutuhkan sistematika penyelenggaraan pilkada yang profesional dan mengayomi prinsip-pronsip integritas,” tegasnya. (Afdal)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
%d bloggers like this: