Connect with us

Daerah

Kondisi Terkini , Ini yang Dibutuhkan Korban Banjir Bandang Desa Poi

Utustoria , PALU – Banjir bandang yang menimpa desa Poi kini masih dalam situasi rawan, sebagian penduduk desa tersebut mengungsi disalah satu sekolah melalui pengarahan dari Tim Tagana Kabupaten Sigi.

“Kami dari Tagana langsung mendapatkan 4 rumah yang rusak berat dan ada 17 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak lumpur akibat banjir bandang, tapi setelah kita revisi kembali dari 17 Kepala Keluarga (KK) menjadi 13 Kepala Keluarga (KK) untuk kategori yang bisa dibantu karena sebagian tidak terkena lumpur,” ungkap Kordinator Tagana Sigi, Umar M.Radi, saat ditemui di tempat pengungsian, Senin (9/12/2019).

13 rumah itu sendiri terdapat 39 jiwa, keluhan masyarakat saat ini adalah masalah kamar mandi dan WC .

“Kami sudah menghubungi PUPR untuk memperbaiki selambat-lambatnya besok untuk pengguna WC,” tambahnya.

Selanjutnya Umar menuturkan kebutuhan masyarakat Desa Poi yang terdampak yaitu logistik . “Bantuan dari Dinas Sosial sudah kami berikan, saya selaku Koordinator Tagana, sejak kemarin kami sudah membuka dapur Umum, diposko ini ada 17 Kepala Keluarga (KK) jadi sekitar 25 jiwa yang ikut serta disini, ada beberapa Kepala Keluarga (KK) yang tidak dibantu karena tidak masuk dalam terdampak hanya ada 13 Kepala Keluarga (KK) yang sementara mendapatkan bantuan,”tuturnya.

Sejauh ini relawan yang sudah masuk membantu penanganan Bencana di Desa Poi yaitu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), PMI, Relawan dari Kesehatan .

Senada dengan Kasi Pelayanan Desa Poi, Muksin mengatakan ” sudah ada bantuan dari Ketua DPRD Kabupaten Sigi Bapak Samsuridjal, kami belum pasti kapan bisa pulang kerumah karena masih menunggu informasi dari BMKG dan menunggu keputusan dari BNPB, karena masa tanggap darurat selama 2 minggu, saat ini sudah ada 3 alat berat yang sementara bekerja untuk mengeluarkan lumpur,”tandasnya. (Afdal)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
%d bloggers like this: