Connect with us

Hukumkriminal

Lakukan Ilegal Fishing , Tiga Warga Toili Barat Diamankan

Utustoria , BANGGAI – Tiga warga mencurigakan yang terlihat keluar dari wilayah perkebunan sawit akhirnya diamankan oleh Polsek Toili yakni Babinkamtibmas Desa Dongin Kecamatan Toili Barat , pada Selasa (5/11/2019) sekira pukul 19.00 Wita.

Saat itu , Babinkamtibmas, Brigadir I Made Suastana tengah melaksanakan patrolo rutin diwilayah pesisir pantai dengan menggunakan sepeda motor dan melihat 3 warga yang mencurigakan kelauar dari pèrkebunan sawit. Diketahui dipenghujung jalan perkebunan sawit tersebut terdapat muara sungai dan laut.

Tidak ingin berlama-lama , Made Suastana langsung menghampiri dan memeriksa bawaan mereka. Alhasil , saat diperiksa dirinya menemukan berbagai macam jenis ikan yang diperoleh dari hasil pengeboman (ilegal fishing).

Kapolsek Toili Iptu Candra mengatakan atas pengakuan tiga warga itu, akhirnya mereka langsung dibawa ke kantor Subsektor Toili Barat yang dipimpin oleh Ipda I Gusti Ambara dan langsung dikoordinasikan dengan Polsek Toili.

“Dan akhirnya ketiga orang tersebut langsung diarahkan ke Mapolsek Toili beserta barang bukti,”tutur Kapolsek.

Setelah ditelusuri, lanjut Kapolsek , ketiga pelaku pengeboman ikan ini merupakan warga desa setempat. Yakni AL (24) warga Desa Dongin , RD (28) warga Kamiwangi dan HB (78) warga Kamiwangi.

Aapun barang bukti yang diperoleh Polsek Toili , yakni :

● Beberapa jenis ikan

● 2 buah kabel pemicu bom,

● 3 bungkus serbuk petasan/pengapian

● 2 buah baterai

● 2 lusin balon senter

● 115 bungkus kotak korek api

● 1 botol aqua ukuran besar tempat pupuk campuran serbuk macis dan bahan bom ikan.

● 2 gulung benang.

● 1 buah gunting

● 1 lusin balon

● 1 buah perahu katinting (diamankan di tkp).

Dari pengakuan pelaku , mereka melakukan pengeboman ikan dengan menggunakan perahu katinting milik Rusdi. Dan pelaku melakukan pemboman ikan sebanyak dua kali dengan menggunakan botol bir hitam ukuran sedang berisi serbuk macis dan bahan pupuk bom diwilayah perairan laut kec. Toili barat desa rata dan sampai ke wilayah tanjung batu kec. Momosalato kab.morowali utara . (um)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
%d bloggers like this: