Connect with us

Daerah

Lanal Palu Laksanakan Diklat Pelatihan Selam Dasar di Parimo

Foto : Istimewa

Utustoria, PARIMO– Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Palu dibawah Komando Letkol Laut (P) Rahadian Rahmadi, S.E. M. Tr. Hanla melaksanakan kegiatan pelatihan selam dasar yang bertempat di Dusun III Desa Tambu, Kecamatan Sausu, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Jumat (31/1) hingga Minggu (2/2).


Dalam kegitan tersebut, selaku Instruktur dan Pelatih selam dan pendukung kegiatan adalah Pgs. Paspotmar Kapten Laut (P) Hari Sujarwo beserta tim pelatih yang berjumlah 8 orang dengan mengambil tema “Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Melalui Pelatihan Selam Dasar dan Sosialisasi Tentang Kelestarian Sumber Daya Alam Laut Kepada Masyarakat dan Generasi Muda Pesisir Desa Tambu”.


Danlanal Palu, Letkol Laut (P) Rahadian Rahmadi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kerjasama dengan organisasi selam Parimo yang mana dalam pelestarian sumber daya alam laut kepada masyarakat dan generasi muda. Kegiatan selam dasar ini di ikuti oleh 13 orang peserta dari warga Desa Sausu, sebagai penanggung jawab  Mohamad Astil, Kades Desa Sausu Tambu.


“Adapun teori yang disampaikan oleh Istruktur dari Lanal Palu yakni Pengenalan Peralatan Scuba Open, cara penggunaannya dan bahaya penyelaman, Drill Kering Teknik Menyelam, Pembinaan Binsik di Darat dan Binsik di air, Praktek mengenakan peralatan Scuba di air, praktek dengan teknik Jackstay (Menggunakan Tali Jalan) kedalaman 6 Meter,” urainya.


Kegiatan senam dasar ini tambah Danlanal, merupakan awal dari kegiatan yang rencana selanjutnya akan dilaksanakan sosialisasi bidang kelautan oleh Dinas terkait.


“Semua ini kami lakukan untuk meningkatkan pariwisata bawah laut Teluk Tomini, dimana Kabupaten Parimo ini juga salah satu wilayah yang merupakan bagian dari Teluk Tomini, keindahan bawah lautnya pun sangat indah,” tandasnya.(AL)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
%d bloggers like this: