Connect with us

Politik

Panwascam Palasa Ajak Masyarakat Awasi Pelanggaran Pilkada 2020

Utustoria , PALU – Untuk meminimalisir Pelanggaran Pilkada 2020 Panwascam Palasa akan melibatkan masyarakat dalam pengawasan secara partisipatif .

” Kami Panwascam Palasa mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terlibat dalam rangka pengawasan jalannya pilkada,” ungkap Ketua Panswascam Palasa, Salim, SE.,MM, saat ditemui di Kantor Panwascam Palasa, Senin (30/12/2019).

Akan diadakan sosialisasi pengawasan partisipatif bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS), Kepala Desa, dan Pemilih Pemula dalam rangka mengawasi Pilkada.

Salim mengungkapkan kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif ini memiliki arti yang sangat penting dan strategis sebagai wujud tanggungjawab dan kewajiban semua pihak dalam upaya mensukseskan pelaksanaan Pilkada secara langsung, aman dan berkualitas.

Salim menambahkan setelah dilakukan pelantikan tanggal 23 Desember 2019, seluruh anggota panwascam diberikan pembekalan sebagai modal awal untuk mengetahui terkait dengan tugas, kewenangan dan kewajiban panwascam. Setelah proses pembekalan selesai, Panwascam akan melaksanakan tugasnya terkait dengan penataan tata laksana organisasi.

“Dalam melakukan penataan organisasi, anggota Panwascam harus berkoordinasi dengan pihak kecamatan. Terutama untuk masalah Kepala Sekretariat. Selain itu, Panwascam juga harus membentuk struktur organisasi karena nanti ada sekretariat Panwascam, ada juga Bendahara dan ada staf pendukung,” tambahnya.

Sementara itu, dalam pelaksanaan fungsi pengawasannya, kegiatan pengawasan panwascam akan disesuaikan tahapan pilkada yang sudah ditetapkan KPU pada PKPU No. 16 Tahun 2019. pada akhir Januari 2020 akan dimulai sinkronisasi data pemilih. Maka fokus pengawasan panwascam, akan lebih pada pencermatan kegiatan pendataan pemilih. (Afdal)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
%d bloggers like this: