Connect with us

Daerah

Pelayanan RSUD Undata Dikeluhkan, Listrik Padam Pasien Gunukan Senter HP

Wakil Direktur (Wadir) Pelayanan RSUD Undata, Amsyar Praja
Wakil Direktur (Wadir) Pelayanan RSUD Undata, Amsyar Praja

Utustoria, PALU – Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata Kota Palu menuai keluhan. Pasalnya, RSUD terbesar di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah tidak menyediakan mesin sebagai alternatif saat pemadaman listrik oleh PLN.

Hal itu diungkap oleh seorang bernama Sugeng Salilama dalam postingan di akun sosial medianya (Facebook), yang mana ia mengeluhkan kondisi RS Undata yang tidak memiliki fasilitas mesih penerangan seperti genset. Postingan itu pada Rabu (14/01/2020).

” Seperti inilah potret Rumah Sakit Undata Palu ….. Maksud hati mendapatkan pelayanan prima ambil fasilitas ruangan perawatan dgn kelas VIP….. syg pelayanan Tim medis tdk becus datang lg musibah baru PLN padam dan Rumah Sakit tdk ada fasilitas Genset, maka lengkaplah penderitaan pasien yg sakit dgn menggunakan senter HP sebagai penerangan dalam kamar perawatan….. ooooh pa Direktur RS Undata mampu kah sdra mempimpin RS Undata Palu … Ruang RS gelap gulita sudah sekitar 2 jam bln jg menyala lampunya…..” kata Sugeng dalam cuitannya di FB.

Baca Juga : Ibrahim A.Hafid : Harusnya di Rumah Sakit Tidak Ada Lampu yang Padam

Sementara itu, Pihak rumah sakit yang dikonfirmasi melalui Wakil Direktur (Wadir) Pelayanan RSUD Undata, Amsyar Praja mengungkapkan, itu persoalan yang memang seharusnya di antisipasi namun kendalanya ditekhnis.

“Tekhnisnya sebenarnya sederhana saja, kemarin itu sudah kami antisipasi, genset kita memang sudah ada, tapi masih menunggu hari Jum’at (17/01), akan ada pelatihan teknis untuk operasional mesin yang baru,” ungkapnya.

Amsyar juga menuturkan sambil menunggu pelatihan teknis pihak RSUD Undata Palu sudah menyiapkan lampu emergency untuk mengantisipasi pemadaman itu.

“Jadi itu gedung baru, gensetnya sudah ada, kan pengadaan baru, tinggal masalah teknis tadi itu,” tuturnya.

Amsyar menjelaskan bahwa setiap alat yang baru tidak bisa sembarang di operasionalkan, harus dilatih dulu orangnya dan diberikan materi.

“Pemadaman sesuatu yang diluar kita punya keinginan, harapan kami setelah pelatihan pada hari Jumat kedepan tidak ada masalah lagi,” jelasnya.

Beberapa ruangan yang disampaikan Amsyar tidak mengalami pemadaman, ia menyampaikan ruangan yang lain sudah di backup beberapa genset yang sudah ada, hanya saja yang padam itu karena gedung masih baru.

“Ini juga kan terkait dengan penyokongan atau pendanaan, tapi kita berharap memberikan yang terbaik kepada pasien yang ada,” tutupnya.(Afdal)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
%d bloggers like this: