Connect with us

Peristiwa

Pembongkaran Sejumlah Bangunan Pasar Cendana Menuai Kontroversi , Milik Pemda Banggai atau Perseorangan?

Utustoria , BANGGAI – Pasar Cendana yang terletak di Kelurahan Cendana Kecamatan Toili , Kabupaten Banggai saat ini menuai kontroversi ditengah masyarakat Dataran Toili.

Betapa tidak , pasar yang selama ini diketahui merupakan asset Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai itu beberapa bangunannya telah dibongkar oleh salah satu oknum yang mengaku lahan tersebut merupakan hak miliknya. Padahal, selama ini diketahui sejumlah pedagang yang menempati bangunan pasar tersebut telah membayar dana penyewaan ke pihak pemerintah daerah setiap tahunnya dan membayar retribusi setiap bulannya ke UPT pasar Cendana.



Salah satu pedagang , Yani saat ditemui wartawan ini mengatakan selama ini dirinya membayar dana sewa bangunan pasar ke pihak Pemerintah Daerah dan rutin membayar retribusi setiap bulannya ke pengurus pasar (UPT). Nanum tiba-tiba saja para pedagang diberikan surat untuk ditandatangani sebagai bentuk menyetujui pembongkaran lokasi bangunan yang ditempatinya.

Meski begitu, lanjut Yani, dirinya enggan bertanda tangan meski bangunan yang ia tempati itu tetap dibongkar. Selain dirinya juga terdapat salah satu pedagang bernama Gatot yang enggan bertanda tangan.

Saat dikonfirmasi Plt Lurah Cendana Solikhin membenarkan bahwa lokasi pasar tersebut merupakan lahan milik perseorangan yang bernama Naijum dan telah dibeli oleh salah satu pengusaha di Toili. Yang mana pada awal lahan tersebut dimiliki oleh Basuki dan dibeli oleh Naijum yang merupakan mantan pegawai BPN.

Ia melanjutkan ukuran pasar tersebut yang diakui oleh Pemerintah Daerah berdasarkan peta berukuran 150m x 100m atau 15.000 m. Sehingga lokasi yang diluar milik pemda yang telah dibongakar dan atas perintah oleh pemerintah daerah dalam hal ini Asisten I , Yudi Ammy Amisudin.

Namun menurut Plt Lurah, memang ada beberapa warga yang tidak puas atas pembongkaran tersebut , sehingga pihaknya telah menjelaskan serta memperlihatkan data-data yang ada serta dari pihak yang terkait (Pemda) telah mengetahui , sehingga dirinya diperintah makanya dilaksanakan . Dan dirinya meminta para pedagang yang terkena pembongkaran untuk legowo menerima.

Bahkan pemilik lahan telah memberikan kompensasi kepada masyarakat yang kurang mampu karena bangunan tempat mereka tinggal terbongkar.(um)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
%d bloggers like this: