Connect with us

Daerah

Pemda Banggai Diminta Seriusi dan Lakukan Sosialisasi Penanganan Corona

Wakil Ketua KNPI Wahyu Dharmawanto Maku, SST. M.Si.

Utustoria, BANGGAI – DPD KNPI Kabupaten Banggai Minta Pemerintah Kabupaten Banggai harus betul-betul serius pencegahan Virus Corona, serta KNPI Banggai meminta Pemerintah daerah harus segera Jelaskan Penanganan Virus Corona agar tidak menjadi ketakutan masyarakat.

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) mendesak pemerintah menjabarkan semua langkah antisipasi penyebaran virus corona yang kini telah ditetapkan World Health Organisation (WHO) dengan status darurat global secara detail. Hal itu penting untuk mencegah terjadinya kepanikan dan keresahan akibat disinformasi.


“Saat ini negara lagi resah (virus corona). Saya meminta pemerintah daerah Kabupaten Banggai terbuka untuk lakukan upaya nyata antisipasi penyebaran dan penanganan terhadap virus corona. Kalau di Wuhan Pemerintah China bisa buat rumah sakit dalam waktu beberapa hari, kenapa pemerintah tidak tampil dan menjelaskan detail yang ditangani dan sedang dilaksankan,” kata Wakil Ketua KNPI Wahyu Dharmawanto Maku, SST. M.Si.

Keterbukaan informasi secara detail mengenai antisipsi virus corona ini sangat penting agar semua pihak tak membuat persepsi negatif terhadap pemerintah atas jumlah korban. Terlebih, disinformasi ditekankannya dapat membuat keresahan hingga gejolak sosial.

“Banyak kasus terjadi akibat kesalahan informasi atau tidak adanya informasi secara jelas menyebabkan keresahan, kepanikan atau gejolak sosial. Pemerintah harus meminimalisasi potensi disinformasi atau penyebaran hoaks dengan menyampaikan segala detail informasi perihal virus corona,” tegas Wahyu.

Wahyu menambahkan, maskapai yang terbang maupun alat transportasi lainnya yang masuk ke Kabupaten Banggai baik melalui jalur udara dan laut harus mendapat perhatian khusus. Tanggap darurat cepat sebagai pusat informasi yang terkoneksi dengan baik ke instasi terkait seperti Kemenkes dan Kemenkominfo wajib diterapkan di semua maskapai dan transportasi.

“tanggap darurat cepat centre wajib ada di semua maskapai ataupun transportasi orang dan barang lainnya ke Indonesia. Agar tidak ada kesalahan data yang berakibat pada lambatnya atau salahnya penanganan,” pesannya.

Wahyu juga mengajak seluruh kader DPD KNPI KAB.BANGGAI membantu pemerintah daerah kabupaten banggai karena di anggap sangat lambat memberikan informasi mengenai virus Corona dan menghadapi wabah mematikan virus corona. Dirinya menekankan pemerintah daerah kabupaten Banggai membuat tanggap darurat cepat terkait virus corona dengan lingkup readines, radar (pencarian korban), response dan recovery.

“Tak seorang pun menghendaki bangsa ini terkena oleh virus corona tersebut apalagi keluarga atau handai taulan. Saatnya Indonesia kuat dan kerja nyata hadapi ancaman yang meresahkan masyarakat,” timpalnya.


Dia juga meminta semua pihak termasuk pemuda DPD KNPI KAB.BANGGAI khususnya kepada ketua umum, Didik Djibran #ENERGYOFHARMONY untuk bersatu. ”Jangan menunggu virus tersebut tiba di Kabupaten Banggai. Ayo pemuda KNPI kita bersatu, pemerintah daerah kabupaten Banggai berbuatlah dan jelaskan kepada masyarakat. Jangan abai dan ragu, serta pemuda KNPI siap membantu dirikan Pusat tanggap darurat cepat,” untuk menjawab ketakutan masyarakat mengenai virus corona. (um)

Advertisement
%d bloggers like this: