Connect with us

Daerah

Pemerintah Didesak Keluarkan Imbauan Penghentian Penerimaan TKA di Morowali

Koordinator Pelaksana Jatam Sulteng, Moh Taufik, SH

Utustoria, PALU – Jaringan Advokasi Tambang Sulteng (Jatam Sulteng) mendesak Pemerintah agar segera mengeluarkan himbauan penghentian penerimaan Tenaga Kerja Asing (TKA) di kawasan industri tambang Morowali dan Morowali Utara sebagai upaya mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid 19).

Koordinator Pelaksana Jatam Sulteng, Moh Taufik, SH, menyampaikan sebagai langkah langkah dalam mengantisipasi penyebaran virus corona, Pemerintah Pusat maupun Pemerintah daerah Provinsi sulawesi Tengah agar segera mengeluarkan surat himbauan di seluruh kawasan kawasan industri tambang.

“Seperti kita ketahui bersama, bahwa Kabupaten Morowali dan Morowali Utara khususnya, itu sebagai pusat TKA yang bekerja disektor sektor pertambangan, maka pemerintah harus mengambil langkah menghentikan penerimaaan tenaga kerja asing disana,” kata Taufik, kepada Utustoria.com, Rabu (18/3/2020)

Taufik menjelaskan, Kebijakan ini perlu diambil, sebagai antisipasi penyebaran virus corona khususnya di wilayah-wilayah industri tambang.

Apalagi kata dia, di salah satu kawasan industri tambang di Kabupaten Morowali seperti yang kita ketahui suda memiliki bandara sendiri yang diduga digunakan sebagai tempat untuk mengangkut TKA.

“Itu TKA berasal dari mana kita belum tau pastinya, yang jelasnya mereka itu berasal dari luar Negeri, Sehingga kenapa penting bagi kami, pemerintah harus mengeluarkan himbuan penghentian penerimaan TKA disana,” jelas Taufik.

Olehnya, perlu ada ketegasan dari pemerintah untuk melakukan langkah langkah dengan cara mengeluarkan surat himbuan penghentian penerimaan TKA di semua kawasan industri tambang yang ada di Kabupaten Morowali dan Morowali Utara. Singkatnya. (Hajir)

Advertisement
%d bloggers like this: