Connect with us

Daerah

Pemkab Tolitoli Tegaskan Pasien Asal Buol Belum Positif Corona

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Tolitoli sekaligus sebagai Humas Satgas Covid 19 Kabupaten Tolitoli, Arham A. Jacub, SH. (Foto Pribadi)

Utustoria, TOLITOLI – Pemerintah Kabupaten Tolitoli menegaskan pasien asal Kabupaten Buol yang saat ini dirawat di RSUD Mokopido Tolitoli tidak benar positif corona. Pasalnya pasien tersebut masih berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) setelah dilakukan Rapid Test.

Hal tersebut disampaikan Arham A. Jacub, SH, selaku Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Tolitoli, sekaligus Humas Satgas Covid 19 Kabupaten Tolitoli, bahwa pasien dari Kabupaten Buol tidak benar positif corona.

“Hasil konfirmasi saya dengan Pemda Buol bahwa yang bersangkutan baru berstatus PDP setelah dilakukan Rapid Test,” ungkapnya saat dihubungi Utustoria.com melalui Via Telepon, Selasa (31/3/2020).

Ia mengatakan, berdasarkan hasil informasi yang didapatkan bahwa hasil rapid test yang dilakukan benar positive ada virus. Namun, belum dapat dipastikan bahwa itu virus corona (covid 19). Karena untuk dapat dinyatakan positive Covid-19 harus melalui tes laboratorium di Puslitbangkes Kemenkes RI di Jakarta atau Makassar.

“Pemeriksaan rapid test itu hanya merupakan langkah untuk melihat sistem kekebalan tubuh melalui pembentukan antibodi, bukan untuk menentukan apakah positive atau negative corona,” ujarnya.

Tambah Arham, alasan yang pasien yang bersangkutan dirujuk ke RSUD Mokopido Tolitoli, karena RSUD tersebut salah satu dari lebih 100 RS rujukan di seluruh Indonesia.

Arham berharap kepada masyarakat, khususnya masyarakat Tolitoli agar tidak panik dan tidak cemas dengan beredarnya pemberitaan tersebut.

“Mari kita doakan agar Tim Medis yang akan menangani PDP dari Buol diberikan kesehatan, kekuatan dan kesabaran dalam menjalankan tugasnya,” tuturnya. (Hajir)

Advertisement
%d bloggers like this: