Connect with us

Daerah

Penuhi Panggilan Bawaslu, Hidayat Diperiksa Selama 2 Jam

Utustoria , PALU – Setelah beberapa hari dinantikan , akhirnya Hidayat Lamakarate yang juga merupakan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah memenuhi panggilan Bawaslu Sulteng terkait dugaan pelanggaran netralitas aparatur sipil negara (ASN), di Kantor Bawaslu, Sabtu (11/01/2019).

Pemeriksaan terhadap Hidayat Lamakarate dimulai sejak pukul 14.00 siang hingga pukul 16.00 Wita.

Menanggapi pemeriksaan yang ia jalani, Hidayat Lamakarate mengatakan hal tersebut bagian dari sesuatu yang harus dipatuhi.

“Saya mematuhi panggilan, memang kemarin panggilan disampaikan kepada saya, namun hanya saja saya berada di Jakarta, sementara melakukan tugas dinas ke Jakarta, seandainya pada hari itu saya ada di Palu, maka pada hari itu juga saya langsung datang,” kata Hidayat Lamakarate.

Hidayat mengatakan bahwa pada proses pemeriksaan terkait dengan pelanggaran netralitas aparatur sipil negara (ASN) dalam hal penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada).

“Dalam proses politik ini, memang sudah diketahui bahwa saya akan mencalonkan diri menjadi Gubernur Sulawesi Tengah,” ungkapnya.

“Tetapi aturan semua tentang itu sudah kita penuhi, untuk tidak melakukan hal-hal yang dianggap nanti bisa menganggu keberadaan kita sebagai ASN,” tambah Hidayat.

Hidayat juga menambahkan pemeriksaan yang dilakukan kepadanya yakni dugaan pelanggaran netralitas ASN, adanya informasi atribut salah satunya seperti baliho.

“Saya kira pelanggaran-pelanggaran pasal 71 dan sebagainya itu, mesti kita diskusikan dulu, pelanggaran yang mana, kalau saya melakukannya secara sendiri barangkali, tadi juga sudah dinyatakan dalam proses pemeriksaan dan saya sudah jawab, nanti ada Bawaslu yang memutuskan,” tambahnya.

Bagi Hidayat menjadi Gubernur itu hak semua orang dan itu diperbolehkan, ia menuturkan, menjadi Gubernur itu hak semua orang itu kan boleh, kalaupun ada aturan-aturan yang tidak diperbolehkan, itu yang kita patuhi, itu kan sudah disampaikan oleh Bawaslu.

“Bawaslu juga saya pikir, tugasnya juga sekaligus memberikan penjelasan dan memberikan pemahaman agar supaya kita tidak melakukan pelanggaran, saya senang dengan Bawaslu,” jelasnya.

Ketua Bawaslu Sulteng, Ruslan menyampaikan, bahwa di hari Senin (13/01), akan keluar hasil putusan terkait dugaan pelanggaran ASN oleh Hidayat Lamakarate yang akan ditempel dipapan pengumuman Bawaslu Sulteng, apakah diteruskan atau tidak kepada instansi berwenang terkait unsur dugaan pelanggaran atau tidak terpenuhi unsur dugaan pelanggaran netralitas aparatur sipil negara (ASN) hingga diteruskan atau direkomendasikan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta.

“Nanti di hari Senin untuk keputusan, nanti akan ditempelkan di papan pengumuman,” tutup Ruslan. (Afdal)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
%d bloggers like this: