Connect with us

Daerah

Pernyataan Yudian Wahyudi Dinilai Mendiskreditkan Agama Dalam Bingkai NKRI

Ketua Umum Lingkar Studi Aksi Dan Demokrasi Indonesia Ruly S Alim

Utustoria, PALU – Ketua Umum Lingkar Studi Aksi Dan Demokrasi Indonesia Ruly S Alim menanggapi pernyataan kepala BPIP (badan pembinaan ideologi Pancasila) Yudian Wahyudi yang mengatakan Agama adalah musuh Pancasila.

Ruly menilai pernyataan tersebut seolah mendiskreditkan agama dalam bingkai Negara Sesatuan Republik Indonesia, memahami Pancasila mesti melihat historis atas konsensus disepakati dasar negara yaitu Pancasila. Keterlibatan para tokoh agama dalam merumuskan ideologi negara tidak dapat dipungkiri bahwa sumbangsi pemikiran para tokoh agama memang sangat melekat dan tidak terdapat pertentangan dalam setiap butir butir Pancasila.

Menempatkan agama sebagai objek yang dipersoalkan dalam Pancasila merupakan suatu pernyataan yang perlu untuk diluruskan agar tidak memunculkan reaksi umat.

Kepala BPIP harusnya memilih diksi yang dapat mempersatukan bangsa ini bukan malah mendiskreditkan kelompok tertentu, sebab jangan sampai pernyataan Agama adalah musuh Pancasila akan berbalik menjadi agama yang akan memusuhi Pancasila. Sebab kita semua atau seluruh rakyat Indonesia adalah umat yang beragama.

Pancasila merupakan titik temu atas keragaman bahasa, agama, suku, ras dan identitas lainya.

Meski demikian adanya kelompok kecil tertentu yang cenderung ekstrim dan radikal, tetapi tidak mesti menjustifikasi secara universal bahwa agama adalah musuh Pancasila.

Olehnya Lingkar Studi Aksi Dan Demokrasi Indonesia meminta agar Presiden dapat melakukan evaluasi terhadap pimpinan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dan lebih selektif dalam menentukan pejabat tinggi negara agar kedepannya kita dapat terhindar dari kemungkinan munculnya potensi konflik atau pertikaian bangsa ini.(Hajir)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
%d bloggers like this: