Connect with us

Daerah

Pertamina EP : Proses Pemecahan Sertifikat Warga Kamiwangi Menunggu Alat Ukur BPN

Dok : Utustoria

Utustoria, BANGGAI – Desakan warga Kamiwangi, Kecamatan Toili Barat, Kabupaten Banggai terkait pengembalian pemecahan 47 sertifikat lahan mereka, kini telah mendapat jawaban dari pihak PT Pertamina EP Donggi – Matindok Field Asset 4 yang merupakan perusahaan KKKS dari SKK Migas.

Pasalnya, meski belum terselesaikan pengurusan perpecahan di Badan Pertanahan Nasional (BPN), namun saat ini progres telah berjalan.

Hal tersebut diungkap oleh Humas PT Pertamina EP Donggi – Matindok Field Asset 4, Ikhsan saat dihubungi melalui via WhatsApp, Kamis (5/3/2020).

Ia mengatakan, terkait persyaratan pemecahan sertifikat kini telah masuk ke Pertanahan. Sebab, saat dirinya melakukan pengecekan pada pekan lalu di Pertanahan, pihaknya memperoleh informasi bahwa saat ini BPN telah siap turun ke lokasi (lahan) yang akan dilakukan pemecahan.

” Tapi ada satu alat ukur yang ditunggu oleh mereka, kalau sudah ada itu katanya langsung turun untuk pengambilan batas,” ujar Ikhsan.

Ia melanjutkan, atas masalah tersebut pihaknya juga merasa gelisah karena segala persyaratan yang dibutuhkan dilengkapi oleh pihak Pertamina EP. Padahal hal tersebut telah dikuasakan oleh pihak Notaris. Sehingga selain Notaris dengan Kuasanya, Pertamina EP juga ikut untuk memflow Up.

” Iya, jadi waktu saya ke Pertanahan , saya minta serentak dipecahkan. Saya bilang kok bagaimana sampai begitu lama, jadi pertanahan janji bisa kok pak nanti berjalan berbarengan kalau alat sudah ada. Dan rencana saya senin lagi mau ke BPN tanya lagi,” imbuhnya.

” Adapun tingkat kesulitan, misalnya terkendala di nama sertifikat berbeda dengan di KTP. sehingga dibutuhkan surat keterangan beda nama, keterangan ahli waris,” tambahnya lagi.

Sehingga, pihak Pertamina saat ini masih bertahap untuk proses pemecahan di wilayah Desa Kamiwangi. Setelah beberapa bidang di Kamiwangi selesai, berharap kedepannya bisa lebih mudah untuk lokasi lainnya. (um)

Advertisement
%d bloggers like this: