Connect with us

Politik

Sakinah Aljufri : Kehadiran Oposisi Sangat Penting Dalam Sistem Demokrasi

Utustoria , PALU – Rapat paripurna DPR RI ke-3 yang berlangsung pada Selasa (22/10) menetapkan jumlah Komisi dan jumlah komposisi fraksi di setiap alat kelengkapan dewan (AKD). Rapat yang digelar di Gedung Nusantara II DPR RI ini menetapkan 11 komisi dan 6 badan.

Anggota DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hj. Sakinah Aljufri S.Ag, berharap dengan ditetapkannya alat kelengkapan dewan dapat meningkatkan kinerja anggota dewan yang akan mengabdikan diri untuk masyarakat.

” Banyaknya permasalahan di Indonesia dewasa ini, segera dapat teratasi dengan baik dengan semakin sehatnya hubungan antara eksekutif, yudikatif dan legislatif,” ungkap Sakinah .

Anggota DPR RI Dapil Sulawesi Tengah ini menambahkan, PKS selaku oposisi akan terus bekerja dengan semaksimal mungkin secara objektif, dengan masukan yang konstruktif. Aset negeri ini begitu besar dengan keanekaragaman sumber daya manusia, sumber daya alam, serta budaya yang Allah berikan untuk bangsa ini.

” Jangan kita sia-siakan, sehingga bila kita syukuri dengan menjalankan amanah bagi semua steak holder. Insya Allah Rahmat Allah akan terus diberikan untuk bangsa ini,” tuturnya.

“Saatnya kita saling menguatkan, mengingatkan, memberikan motivasi dan mendoakan agar bangsa Indonesia dapat menikmati buah manis dari kinerja kita semua,” tambah legislator yang kini duduk di komisi X tersebut.

Menurut Sakinah, koalisi pemerintahan dibentuk dalam satu periode untuk mendukung kerja pemerintah khususnya parlemen. Sedangkan oposisi merupakan partai atau gabungan partai yang memiliki posisi diluar koalisi pemerintahan dalam perieode tertentu.

Kehadiran oposisi yang berada diluar pemerintahan diakui menjadi penting, karena sistem pemerintahan demokrasi tidak bisa berkembang secara dinamis tanpa kehadiran oposisi.

“Sikap PKS yang memilih berada diluar pemerintahan akan menjadi penyeimbang pemerintah dalam mengambil keputusan,” tegasnya.(um)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
%d blogger menyukai ini: