Connect with us

Hukumkriminal

Satu Meninggal , Empat Kritis Karena Konsumsi Miras Oplosan

Utustoria , BANGGAI – Lima Pemuda asal Desa Minahaki Kecamatan Moilong di Kabupaten Banggai mengalami keracunan yang diakibatkan oleh minuman keras (miras) oplosan yang membuat satu diantara mereka meninggal dunia dan empat orang lainnya harus menjalani penananan medis.

Dari informasi yang berhasim dihimpun Utustoria , mereka yang mengalami keracunan adalah Sardin Asbulah (20) , Eki Febrian (20) , Adriansyah Karim (20), Rusman (23) , dan Sahrul (17).

Adapun kronologis kerjadian tersebut , yang mana pada Kamis (24/10/2019) sekira pukul 19.00 Wita kelima pemuda tersebut minum minuman beralkhol oplosan yang diracik oleh Dodi Sumakul dirumahnya yang bertempat di Desa Minahaki , Kecamatan Moilong.

Saat itu , Korban bersama 5 (lima) orang lainnya yakni Dodi Sumakul, Eki Febrian, Adriyansah Karim, Rusman dan Sahrul, meminum sebanyak 3 (tiga) kali racikan hingga pukul 03.00 Wita (pagi). Pada Sabtu (26/10/2019) sekitar pukul 11.00 Wita korban yakni Sardin Asbullah dilarikan ke RSUD Luwuk (dalam keadaan tidak sadar), namun Sardin Asbullah yang sedang dirawat di UGD RSUD Luwuk meninggal dunia sekira pukul 17.00 Wita, sehingga jenazah korban langsung dikembalikan dirumah duka.

Baca Juga : https://news.utustoria.com/iptu-candra-beri-pengarahan-para-siswa-di-toili-agar-tidak-melakukan-tindak-pidana/

Sedangkan untuk Keempat rekannya Eki Febrian, Adriansyah Karim, Rusman, Sahrul masih dalam perawatan medis di Puskesmas Toili II desa Marga Kencana , Kecaamatan Toili.

Adapun bahan racikan yang dibuat oleh Dodi Sumakul diantaranya Alkohol 70% sebanyak 1/3 gelas yang dicampur dengan air putih (air biasa) sebanyak lika gelas plastik, dan dicampur lagi minuman tambahan yakni M150 sebanyak dua botol dan ditambahkan dengan ragi tape kedalam minuman tersebut.

Mendengar kabar tersebut , Kapolsek Toili Iptu Candra SH langsung mengunjungi Puskesmas Toili II pada pukul 22.00 Wita dan berkoordinasi dengan pihak puskesmas Toili II.

Baca Juga : https://news.utustoria.com/polsek-toili-kembali-berantas-peredaran-miras/

Kapolsek Toili , Iptu Candra mengatakan mengingat kondisi korban, pihak Puskesmas menyarankan untuk merujuk ke empat korban tersebut ke RSUD Luwuk, namun masih terkendala dengan keterbatasan mobil ambulans.

” Untuk mempercepat penanganan medis yang lebih lanjut, kita menghubungi mobil ambulans yang berada di wilayah Kecamatan Toili dan Moilong untuk dapat membantu pelaksanaan perujukan korban ke RSUD Banggai,” ujarnya.

Sehingga lanjut Iptu Candra , sekitar pukul 23.20 Wita, keempat korban yang menjalani perawatan di puskesmas toili II telah dirujuk ke RSUD Luwuk dengan menggunakan 4 mobil ambulans yang diupayakan oleh Kapolsek Toili.

Menindaki hal tersebut , Pihak Polsek Toili langsung mendatangi dan memeriksa TKP, mengamankan barang bukti berupa satu buah ceret platik ukuran sedang dan satu gelas plastik, serta mengamankan Dodi Sumakul di Mapolsek Toili untuk diproses lebih lanjut dan mencegah hal -hal yang tidak diinginkan oleh keluarga korban. (Um)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
%d blogger menyukai ini: