Connect with us

Daerah

Sejak 2011 Desa Bolapapu Sudah Rawan Banjir

Utustoria , SIGI – Desa Bolapapu Kecamatan Kulawi Kabupaten Sigi ternyata termasuk wilayah rawan banjir sejak tahun 2011 silam.

Kepala Desa Bolapapu, Herling saat ditemui awak media mengatakan Desa yang dipimpinnya itu memang termasuk wilayah rawan banjir. Yang mana sejak tahun 2011 tepatnya 3 Desember telah terjadi banjir bandang dan menelan sekira 6 korban jiwa. Dan saat itu warga Dusun III direlokasikan ke Bulumano. ” Namun saat itu terjadi gempa dan menghancurkan bangunan milik warga, sehingga mereka (warga) kembali menempati wilayah Dusun III, dan saat ini kembali dilanda banjir bandang,” ujarnya.


Ia menjelaskan, sejak pukul 16.30 Wita hujan deras terus mengguyur Desa Bolapapu yang mengakibatkan Banjir Bandang terjadi . Seketika banjir datang dan membuat seluruh warga panik dan menyelamatkan diri. Namun seorang Pendeta bersama anak menjadi korban karena saat itu dalam kondisi istirahat (tidur).

Banjir bandang tersebut , lanjut Herling, diawali dengan suara gemuruh aliran air yang berasal dari gunung dan disertai bongkahan batu dan kayu gelondongan .

Saat ini pemerintah telah menurunkan alat berat untuk memperbaiki jalan yang tertimbun lumpur dan batu, beberapa relawan dan NGO turut serta dalam memberikan bantuan kepada masyarakat korban banjir di Desa Bolapapu.

Selanjutnya salah satu warga, Indah mengatakan banjir bandang terjadi secara tiba-tiba, sehingga dirinya bersama keluarga dan tetangga melarikan diri untuk mencari teman yang aman. Setelah terjadinya banjir bandang banyak kebutuhan primer yang terendam seperti beras dan saat ini kebutuhan yang sangat mendesak air bersih, karena banyak pipa air yang patah. (Afdal)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
%d bloggers like this: