Connect with us

Cerita Utus

SPIM Bakal Gelar Aksi Pada 3 Desember : Desak Penerapan K3 di Kawasan IMIP

Utustoria , MOROWALI – Serikat Pekerja Industrial Morowali (SPIM) berencana akan menggelar aksi demonstrasi pada 3 Desember 2019 sebagai langkah politik dalam mendesak pihak Perusahaan dan Pemerintah untuk segera melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap penerapan SOP dan K3 di kawasan IMIP.

Hal itu dilakukan mengingat kasus kecalakaan kerja yang menimpa Alm. Rian Sucipto yang merupakan satu dari sekian banyak insiden yang terjadi kawasan industri PT IMIP. Selain itu informasi yang berhasil diperoleh SPIM bahwa tercatat ada 154 kasus kecelakaan kerja yg terjadi sepanjang bulan Januari – September 2019 berdasarkan klaim yang ada di BPJS.

” Sedangkan insiden- insiden kecil (yang tidak diklaim) dan insiden yang melibatkan TKA (China) juga banyak terjadi. Buruknya penerapan SOP dan K3 di kawasan industri dan lemahnya pegawasan ketenagakerjaan dari pihak pemerintah menjadi biang utama dari banyaknya insiden,” ujar anggota SPIM Anto Badung pada Utustoria.

Lanjutnya, IMIP sebagai salah satu kawasan industri terbesar di Asia seharusnya memberikan perhatian khusus dalam hal ini, begitupun dengan pemerintah setempat. Ketidak sesuaian penerapan SOP dan K3 tentunya tidak sebanding dengan keuntungan dan nama besar yang di sandangnya. (um)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
%d bloggers like this: