Connect with us

Pendidikan

STIE Panca Bhakti Palu Siap Cetak Mahasiswa Pelaku Entrepreneur

Utustoria , PALU – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Panca Bhakti Palu, merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tertua di Sulawesi Tengah yang sampai saat ini masih tetap eksis didunia pendidikan khususnya di bidang ekonomi dan tak kalah saing dengan Sekolah Perguruan Tinggi Swasta maupun Negeri yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah.

Ketua STIE Panca Bhakti Palu, Prof. DR. Andi Mattulada Amir, SE, M.Si, menyampaikan, dengan usia yang sudah sangat cukup produktif (tua) tentunya ini menjadi tantangan tersendiri bagi STIE agar bisa tetap eksis dan bersaing dengan perguruan tinggi lainnya yang berada di Sulteng.

“Tidak tanggung tanggung Alumni STIE Panca Bhakti Palu sudah mencapai angka 10.000 dan para Alumni sudah menyebar diberbagai daerah bahkan ada alumni sebagai entrepreneur (Wirausahawan) menembus pasar global. Kami juga akan terus membuat inovasi dan terobosan agar tidak kalah saing dengan perguruan tinggi yang lain,” kata Rektor STIE Panca Bhakti Palu, saat ditemui diruangannya, Rabu (20/11/2019) .

Prof. DR. Andi Mattulada Amir juga menyampaikan Kedepan bagaimana STIE Panca Bhakti Palu agar menjadi Perguruan Tinggi Swasta yang unggul sebagaimana tertuang dalam Visi Misi Kampus.

“Kalau Visi Misi periode sebelumnya 2014-2019 itu kita melakukan pemantapan dari Visi IT, Kita pikir IT ini sudah memadai, kami sudah bisa menerima Pendaftaran Mahasiswa secara online. Tapi kami melakukan kombinasi Pendaftaran online kami layani begitupun secara manual. Kemudian pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) sudah sebanding dengan Menristekdikti yang kemudian Mahasiswa kapan dan dimana saja ingin melihat data nilai-nilai itu bisa dilihat secara online, Basis IT STIE Panca Bhakti Palu sudah terpenuhi,” tambahnya.

Kemudian ditahun 2019 ini. Lanjut Andi, STIE Panca Bhakti Palu merubah Visi yang sebelumnya Pengembangan IT maka sekarang Visi mencetak Entrepreneur (Wirausahawan), maka Mahasiswa lulusan STIE Panca Bhakti Palu siap menjadi pelaku usaha.

“Terobosan yang sedang dicanangkan seperti membentuk UKM Entrepreneur, Koprasi Berbasis Entrepreneur, Klinik Konsultasi Bisnis, Inkubator Wirausaha Baru, maka Lingkungan kampus diwarnai dengan Lingkungan Entrepreneur untuk menciptakan wawasan Mahasiswa bahwa kuliah di STIE Panca Bhakti Palu tidak sia-sia karena akan cerdas dalam berwirausaha,” ujarnya .

“Kami juga akan mencetak entrepreneur melalui STIE Panca Bhakti Palu agar kita tidak mengenal penganggur-penganggur intelektual, karena kita berharap setelah dia keluar dari status Mahasiswa sudah harus punya usaha, akan menjadi persyaratan bagi mahasiswa tidak akan di uji skripsi apabila Mahasiswa tidak memberikan bukti bahwa telah menjadi pelaku entrepreneur,” tambah Andi.

Olehnya, dengan terobosan dan pembaharuan yang sudah dilaksanakan sekiranya Perguruan Tinggi Negeri dapat mencontoh gebrakan dari STIE Panca Bhakti Palu untuk bertekad menjadikan Mahasiswa sebagai pelaku entrepreneur. (Afdal)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
%d bloggers like this: