Connect with us

Daerah

Sulteng Diminta Lock Down Selama 2 Minggu

Ketua DPRD Sulawesi Tengah, Hj. Nilam Sari Lawira SP MP [Foto : Tribunnews]]

Utustoria, PALU – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dalam hal ini Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola M.Si diminta agar segera mengambil langkah cepat dan terukur terkait ancaman pandemi Corona Virus (Covid-19) di Sulteng.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua DPRD Sulawesi Tengah, Hj. Nilam Sari Lawira SP MP, melalui siaran persnya yang mana penegasan serta permintaan dilakukannya langkah cepat dan terukur mengantisipasi ancaman covid-19, setelah dirinya mendengar informasi merembaknya virus corona di sejumlah negara di dunia yamg salah satunnya adalah Indonesia.

‘’Setelah mendengar informasi dan dalam rangka proses mitigasi, yang mempertimbangkan untuk mendorong dan meminta Gubernur Sulteng, untuk mengambil langkah-langkah cepat dan terukur,’’ pinta Nilam Sari dalam siaran pers, pada Minggu (15/03/2020).

Lanjut Nilam Sari, terdapat tiga hal yang mendesak untuk dilakukan dalam pencegahan virus corona di Sulawesi Tengah. Pertama, kebijakan Lock Down atau menutup akses keluar masuk Sulteng, khususnya bandara udara, pelabuhan dan lain-lain. Paling tidak, dalam rentang waktu dua minggu ke depan.

Kedua,  perlu segera membangun posko layanan dan pengaduan informasi tentang virus Corona.

‘’Bagaimana pun, harus ada informasi yang otoritatif sebagai sumber terpercaya agar tidak tumbuh kepanikan, dan rasa was-was di tengah masyarakat. Masyarakat harus tahu kemana dan dimana mereka akan akan pergi setelah melihat mendengar, atau mengalami gejala menyerupai virus Corona,’’ ucapnya.

Sedang hal ketiga yakni, sejak dini,  harus segera menyiapkan fasilitas rumah sakit penampungan dan perawatan penderita Corona. Agar proses isolasi dan karantina bisa berjalan tanpa memberi gangguan signifikan pada aktivitas sosial sehari-hari warga lainnya.

‘’Saya juga menghimbau pada seluruh warga Sulteng, agar tidak segan atau malu untuk segera memeriksakan diri dan keluarga, bila menemukan ada gejala Corona,’’ tutup Nilam Sari. (um)

Advertisement
%d bloggers like this: