Connect with us

Daerah

Tak Bayarkan Gaji Buruh Selama 3 Bulan, Pembangunan PLTMG di Nonong Terhambat

Utustoria , BANGGAI – Proses pembangunan project Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) 40 MW yang terletak di Desa Nonong Kecamatan Batui Kabupaten Banggai terhambat.

Dari informasi yang berhasil dihimpun media ini , bahwa hal tersebut dikarenakan pihak PT Dalle Engineering Construction sebagai kontraktor pembangunan PLTMG belum menyelesaikan kewajibannya untuk membayarkan upah buruh selama 3 bulan yang mengakibatkan buruh melakukan aksi mogok kerja.

Aco salah satu buruh lokal yang berasal dari Desa Tolando mengatakan , terdapat sekira 200 lebih buruh lokal dan 20 lebih buruh non lokal yang belum diberikan haknya (upah) oleh Perusahaan selama 3 bulan dan menuju 4 bulan.

Menindaklanjuti keluhan buruh , Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banggai pada Senin 30 Desember 2019 kemarin melakukan melakukan perundingan untuk penyelesaian permasalahan perselisihan hubungan industrial antara pekerja dan pihak Perusahaan.

Dari pertemuan tersebut, melahirkan kesepakatan sebagai berikut :

1. Bahwa pihak PT PLN (Persero) dan PT Dalle Engineering Construction bersedia akan bertanggung jawab untuk menyelesaikan sisa upah pekerja yang belum terbayarkan.

2. Bahwa pihak PT Dalle Engineering Construction akan memberikan kompensasi kepada pekerja sebagai pengganti uang transport sejumlah Rp 500.000 per orang untuk 73 orang pekerja yang hadir pada saat mediasi hari ini diluar sisa upah yang belum terbayarkan.

3. Durasi untuk penyelesaian hak – hak pekerja selama 1 (satu) bulan atau 30 hari terhitung dari kesepakatan ini dibuat dan apabila belum terselesaikan sesuai dengan waktu yang disepakati, maka pihak perusahaan PT PLN (Persero) dan PT Dalle Engineering Construction bersedia dituntut sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

4. Bahwa untuk penyelesaian hak-hak pekerja akan diselesaikan di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banggai pada tanggal yang telah disepakati. (um)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
%d bloggers like this: