Connect with us

Daerah

TPID Toili Gelar Replikasi Inovasi Desa

Utustoria , BANGGAI – Dalam tahapan Program Inovasi Desa (PID) oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, dilaksanakan bursa Inovasi Desa yang didukung penuh oleh segenap pemerintah desa di Kecamatan Toili , Kabupaten Banggai.

Dukungan itu dibuktikan dengan kesungguhan dan komitmen Kepala Desa untuk meniru pengalaman dan praktek invoasi yang telah dilakukan di desa. Hal itu juga ditandai dengan menindaklanjuti replikasinya.

Pada tahap replikasi ini TPID (Tim Pelaksana Inovasi Desa ) harus memfasilitasi seluruh desa, agar dalam replikasi ini kartu komitmen masuk dalam RKPDes/ APBDes.

“Dalam replikasi, diperlukan koordinasi yang kuat antara TPID, PLD, Pendamping dan TA Kabupaten, untuk memfasilitasi replikasi agar berkualitas,”ungkap Dedi Samadi, selaku Pendamping Lokal Desa Kecamatan Toili.

Dedi menambahkan , narasumber yang dihadirkan harus menguasai materi, manajemen dan teknis untuk mengarahkan para kepala desa. Dengan demikian, para kepala desa yakin bahwa pilihan-pilhan yang ada dalam kartu komitmen bisa dijalankan dengan risiko kegagalan yang sangat kecil.

“Pengisian kartu komitmen dalam BID, bukanlah pemaksaan namun bersifat penawaran akan praktek cerdas dan inovasi,”jelas Dedi, Selasa(5/11).

Pemerintah desa diberikan kebebasan untuk mengambil, meniru dan memodifikasi praktek-praktek inovatif, melalui pemanfaatan dana desa sesuai dengan potensi desa masing-masing. (Efri)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
%d bloggers like this: