Connect with us

Pendidikan

Untad Wisuda 1.536 Wisudawan Angkatan ke-100

Utustoria , PALU – Universitas tadulako (Untad) Palu, kembali melaksanakan Wisuda angkatan yang ke-100 dengan jumlah Wisudawan 1536 Orang, kegiatan ini digelar di Aula Fakultas Kedokteran Untad, Kamis (19/12/2019).

Rektor Universitas Tadulako Prof Dr Ir H Mahfudz dalam sambutannya memberikan ucapan selamat kepada Wisudawan Lulusan ke-100 Unviversitas Tadulako, yang hari ini secara resmi di lepas untuk mengabdikan dirinya kepada masyarakat.

“Wisudah kali ini dilakukan dalam dua sesi, karena pertimbangan jumlah wisudawan melebihi daya tampung gedung kita, momen wisuda kali ini juga menjadi akhir perhitungan jumlah wisudawan bagi lulusan sarjana, magister, doktor dalam tahun 2019,” Ungkap Rektor dalam sambutannya .

Wisuda angkatan ke 100 kali ini dimaksimalkan lulusan jumlah wisudawan pada akhir tahun 2019 dan tanpa membatasi pendaftaran wisuda. Bahkan ada beberapa mahasiswa yang baru selesai ujian akhir masih diberikan kesempatan melaksanakan wisuda.

“Hal ini saya lakukan karena pertimbangan bahwa, ditahun ini menjadi tahun pertama saya menjadi rektor. Saya ingin menjadikan tata dasar untuk mengevaluasi diri saya sebagai rektor,” tuturnya .

Rektor juga menyampaikan, dalam momen kali ini, Ia meminta dan memohon pada lembaga penjamin mutu untuk membuatkan program dalam buku statistiknya terkait dengan representasi lulusan agar menjadi bahan evaluasi seluruh civitas akademik dan tentunya sebagai evaluasi dalam kepemimpinannya.

“Saya ingin tau sejauh mana keberhasilan saya dalam melaksanakan Tri Darma perguruan tinggi sehingga didalam angka statistik itu saya ingin tau bagaimana kinerja program studi. Saya ingin tau jumlah wisudawan dalam setiap angkatan dan setiap program studi berapa bnyak kenaikan jabatan para dosen dan asisten ahli kolektor ke rektor, dari rektor ke guru besar,” Kata Rektor .

Tentunya hal seperti ini. Tambah Rektor, bisa dijadikan sebagai data dasar untuk tiga tahun kedepan dan menjadi pertanggung jawaban dalam kepemimpinannya sampai pada saat berakhir masa jabatan dirinya sebagai rektor.

“Pada kesemptan ini saya menjanjikan kepada prodi yang memiliki kinerja yang baik, bagi prodi yang menghasilkan repsentasi jumlah wisudawan lulus kurang dari 4 tahun, ataupun melahirkan lulusan kurang dari 7 tahun, Insha Allah saya memberikan penghargaan kepada Ketua Program Studinya dan kepada program Studinya saya akan memberikan fasilitas terbaik, saya menjanjikan akan memberikan alokasi dana dari universitas sebanyak 200 juta. Untuk pengembangan infrastruktur yang lebih maju bagi prodi yang memiliki kinerja baik,” tutur Mahfudz.

Lanjut Rektor, pada wisuda yang ke 100 ini universitas Tadulako melepas Putra Putri terbaiknya sebanyak 1.536, yang terdiri dari program pascasarjana sebanyak 80 lulusan, fakultas kedokteran 113 lulusan, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan 416 lulusan, fakultas ilmu sosial dan ilmu politik 162 lulusan, fakultas ekonomi 153 lulusan, fakultas hukum 169 lulusan, fakultas peternakan dan perikanan 65 lulusan, fakultas kehutanan 65 lulusan, fakultas pertanian 59 lulusan, fakultas matematika dan pengetahuan alam sebanyak 90 lulusan, fakultas kesehatan masyarakat 23 lulusan, serta fakultas tehnik 141 lulusan.

“Sekali lagi saya selaku Rektor Universitas Tadulako mengucapkan selamat kepada anak anakku semua yang telah berhasil meraih predikat sarjana dan hari ini secara resmi almamater melepas anda, selamat untuk memasuki dunia baru dan saya anggap kalian semua berada pada titik nol. Sekarang silahkan berkompetisi di dunia luar dengan kemampuan dan bekal yang dimiliki dari universitas tadulako,” pesan rektor .

Olehnya, Rektor berharap pada kesempatan ini, dirinya mengajak seluruh wisudawan untuk bergabung dengan ikatan alumni universitas tadulako (IKA UNTAD). Serta Ia juga mengucapkan terimakasih kepada orang tua / wali yang telah mempercayakan anak anaknya menimba ilmu di Universitas Tadulako. (Hajir)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement
%d bloggers like this: